Said Didu Sebut Jokowi Terjebak Proyek Kereta Api China, Biaya Melonjak APBN Terpakai

Minggu, 10 Oktober 2021 – 13:33 WIB

Said Didu

Said Didu

JAKARTA, REQnews - Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Muhammad Said Didu mengomentari inkonsistensi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. menurut dia, pemerintah Jokowi kini terjebak dalam proyek raksasa yang disebutnya proyek Kereta Api Cepat China.

"Jokowi yang mulanya enggan menggunakan APBN untuk pembangunan proyek tersebut, kini justru merestui anggaran negara turut digunakan. Jebakan proyek kereta api cepat China semakin dalam,” cuitan Said Didu melalui akun Twitter, Sabtu. 9 Oktober 2021.

Menurut Said Didu, proyek yang kini ditangani Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan itu selain tidak layak juga biayanya kian melonjak.

“Selain tidak layak, biaya melonjak, sebelumnya dijanjikan tidak akan pake uang rakyat lewat APBN – akhirnya berubah jadi gunakan APBN,” ujar dia.

Said mengatakan, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung kini memasuki persoalan serius, terlihat dengan pergantian Ketua Komite yang semula dipegang Airlangga Hartarto kini beralih ke Luhut.

“Proyek Kereta Api Cepat Bdg – Jakarta masuki persoalan serius. Ini ditunjukkan digantinya Ketua Komite dari pak Airlangga ke pak Luhut,” ujar Said Didu.