Luhut Pandjaitan Maju Pilpres 2024, ProDEM: Skandal Pandora Papres Terkuak Malah Sibuk Nyapres

Senin, 11 Oktober 2021 – 17:55 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, REQnews - Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule mengomentari Relawan Sahabat Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) yang mendeklarasikan dukungan terhadap Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi itu untuk maju ke Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Iwan menyinggung nama Luhut yang belakangan ramai dibicarakan lantaran masuk Pandora Papers.

“Skandal Pandora Papers baru terkuak, kok malah sibuk nyapres 2024?" ujar Iwan Sumule melalui akun Twitter @KetumProDEMnew, Senin, 11 Oktober 2021.

Iwan mengatakan ,seorang pejabat negara seharusnya tak boleh menghindar untuk membayar pajak di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang sedang carut marut sekarang ini, tindakan itu disebutnya amoral.

"Pejabat negara yang menghindar bayar pajak adalah prilaku amoral dan tak mencintai NKRI, apalagi keuangan negara defisit. Terlebih kalau cuci uang hasil korupsi.Kalau sumber uang benar, kenapa disembunyikan?” ujar Iwan.

Sebelumnya, nama Luhut sendiri masuk dalam laporan Pandora Papers yang mengungkap kepemilikan aset dan perusahaan cangkang di negara bebas pajak.

Luhut disebut memiliki kaitan dengan salah satu perusahaan cangkang di Panama. Luhut disebut pernah menghadiri beberapa kalirapat direksi perusahaan bernama Petrocapital SA, yang terdaftar di Republik Panama selama 2007-2010.