Jokowi Gerah Soal Pinjol, Said Didu: Pa, Ada yang Katakan Pinjol Luar Biasa

Senin, 11 Oktober 2021 – 20:15 WIB

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

JAKARTA, REQnews - Analis Kebijakan Publik, Said Didu mengomentari pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal praktik pinjaman online (Pinjol) di Indonesia.  Pasalnya, Jokowi dulu sempat memberikan pujian terhadap kehadiran pinjaman online di Indonesia.

“Pa, ada yang katakan pinjol luar biasa,” cuit Said Didu melalui akun Twitter @msaid_didu, Senin 11 Oktober 2021.

Sebelumnya, Jokowi menyinggung masalah pinjol yang belakangan marak di masyarakat, di tengah pesatnya digitalisasi sektor ekonomi dan keuangan. Ia merasa ‘gerah’ dengan adanya masyarakat lapisan bawah yang tertipu dan terjerat bungai tinggi dari perusahaan pinjol.

“Saya memperoleh informasi banyak penipuan dan tindak pidana keuangan telah terjadi. Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya,” ucap Jokowi.

Jokowi meminta Otoritasi Jasa Keuangan (OJK) untuk menjaga dan mengawasi perkembangan digitalisasi sektor keuangan agar tumbuh secara sehat dan berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat.

Dalam pernyataan Jokowi pada November 2020, ia mengatakan aliran kredit dari para perusahaan pinjol di Indonesia luar biasa lantaran nilai kreditnya meningkat cukup tinggi dalam beberapa waktu terakhir.

Data yang dikantongi Jokowi mencatat para pinjol telah mengalirkan kredit mencapai Rp128,7 triliun per September 2020. Jumlah tersebut pun mengalami lonjakan sebesar 113 persen dari raihan pada September 2019. Tingginya aliran kredit dari pinjol sejalan dengan jumlah pemain yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Jokowi mengatakan, pada tahun 2020 setidaknya ada 89 perusahaan pinjol yang terdaftar di OJK, dan berkontribusi Rp9,87 triliun pada transaksi layanan jasa keuangan. Sementara sumbangan kredit dari pinjol berskema equity crowdfunding mencapai Rp15,5 triliun.

“Hal ini merupakan perkembangan yang luar biasa,” ujar Jokowi.