Soal Pelaku Kasus Subang, Ricky Vinando Sebut 4 Bukti Diduga Mengarah ke Sosok Ini

Selasa, 12 Oktober 2021 – 11:01 WIB

Pakar hukum soroti kasus pembunuhan Subang. (Foto: Istimewa)

Pakar hukum soroti kasus pembunuhan Subang. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pakar hukum Ricky Vinando kembali menyoroti kasus pembunuhan Subang. Dia mengungkap bahwa 4 bukti terkait pelaku pembunuhan Subang, seluruhnya diduga mengarah ke Yosef Hidayah.

Karena itu, dia pun mendesak kepolisian untuk segera menaikkan status Yosef menjadi tersangka. Dalam keterangan resminya, Ricky menjelaskan, jika merujuk pada Pasal 183 KUHAP, untuk menentukan siapa pelaku pembunuhan maka polisi harus memiliki dua bukti kuat.

Sementara, khusus untuk kasus Subang, mereka telah menemukan empat bukti yang diduga mengarah ke Yosef Hidayah. Adapun empat bukti itu, kata Ricky, antara lain keterangan saksi, keterangan ahli, surat, dan temuan petunjuk. Menurutnya, seluruh bukti itu diduga mengarah kepada Yosef.

"Alat bukti saksi terdiri dari keterangan saksi Suparman, keterangan saksi Pak RT dan keterangan saksi Yosef sendiri. Alat bukti keterangan ahli bisa berupa ahli psikologi, psikiatri, kriminologi, ahli forensik dan ahli hukum pidana," kata Ricky, dikutip Selasa, 12 Oktober 2021.

Lebih lanjut dia menjelaskan, alat bukti yang dimaksud yakni hasil autopsi yang menegaskan kematian kedua korban, yang berselisih 5 jam.

"Alat bukti surat di sini adalah hasil autopsi yang menegaskan kematian selisih 5 jam dan alat bukti petunjuk tentang banyak persesuaian di TKP dengan keadaan Yosef," ujarnya.

Selain itu, banyaknya petunjuk terkait kasus itu seperti keterangan saksi orang dekat, Ketua RT hingga warga, menguatkan dugaan Ricky bahwa Yosef sangat layak dijadikan tersangka.

"Jadi, saran saya kepada penyidik jangan ragu-ragu lagi, alat bukti sudah cukup, naikkan saja status Yosef dari saksi sebagai tersangka dan jadikan Yosef sebagai saksi mahkota. Karena sudah terlalu banyak alat bukti petunjuk yang mengarah kepada diduga Yosef," tandasnya.