Alasan Luhut Binsar Pandjaitan Tak Tertarik Jadi Capres pada Pilpres 2024

Selasa, 12 Oktober 2021 – 08:44 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, REQnews - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan (LBP) mengatakan tidak tertarik mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Merespons adanya dorongan dari Relawan Sahabat LBP untuk maju untuk menjadi capres pada 2024.

"Iya, istri bilang sudah lah kita urusin inilah. Kan tahun 2024 kalau Tuhan ngasih baik baik, saya kan sudah umur 77 tahun saya tahu diri," ucap kata Luhut di Jakarta, Senin, 11 Oktober 2021.

Luhut mengatakan, saran istrinya untuk beristirahat pada 2024 harus diikuti sebagai bentuk loyalitas. Sebab, kata dia, sudah hidup bersama berpuluh tahun.

"Kami hidup berpuluh puluh tahun bersama jadi loyalitas kepada istri juga harus didengarkan," ujar Luhut.

Menurut Luhut, banyak cara untuk mengabdi kepada negara, tak perlu menjadi presiden atau menjadi wakil presiden. Ia mengatakan, bisa membantu mencetak generasi yang akan datang lewat sebuah yayasan (foundation).

"Banyak menurut saya bidang pengabdian yang bisa kita berikan untuk bangsa ini. Saya juga ingin ini jadi pembelajaran kepada kita semua untuk jangan hanya bercita cita untuk itu menjadi presiden, menjadi wapres," ucap dia.

Luhut mengatakan, tak punya harapan untuk duduk di kursi pemerintahan, baik menjadi presiden atau menteri. Meski begitu, kata dia, tak akan menolak jika dimintai oleh pemerintahan yang akan datang.

"Kalau memberikan advice-advice saya siap saja. Kita itu harus tahu diri, semua yang di bawah langit ini ada waktunya jadi jangan membuat sakit hati diri kita, jadi saya enggak pernah berekspektasi itu," kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, Juru Bicara Sahabat LBP, Sarjan Andesbaya mengatakan, Relawan Sahabat LBP menggelar deklarasi mendukung Luhut untuk maju sebagai presiden dalam Pilpres 2024. Awalnya Sarjan menyinggung banyak tokoh yang mulai mempersiapkan diri meski Pemilu masih 3 tahun lagi.