Bank Dunia Umumkan Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Utang Terbesar di Dunia

Selasa, 12 Oktober 2021 – 15:02 WIB

Ilustrasi Hutang (Foto:Kontan)

Ilustrasi Hutang (Foto:Kontan)

JAKARTA, REQNews – Bank Dunia mengumumkan data utang terbaru dalam International Debt Statistics (IDS) 2022 yang dipublikasikan, Senin, 11 Oktober 2021. Dari data tersebut posisi Indonesia masih masuk sebagai negara dengan utang terbesar.

Selama masa Pandemi Covid-19, yakni sepanjang 2020, Bank Dunia mencatat stok utang luar negeri negara-negara berpendapatan rendah dan menengah secara total naik 5,3 persen pada 2020 menjadi US$8,7 triliun.

Presiden Bank Dunia David Malpass menyatakan, perlunya terobosan menyeluruh untuk mengelola utang demi membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Khususnya guna mengurangi risiko serta mencapai tingkat utang yang berkelanjutan.

“Kami membutuhkan pendekatan yang komprehensif untuk masalah utang, termasuk pengurangan utang, restrukturisasi yang lebih cepat, dan peningkatan transparansi,” ujar David dikutip dari keterangannya, Selasa, 12 Oktober 2021.

Sementara itu, Wakil Presiden Senior dan Kepala Ekonom Grup Bank Dunia Carmen Reinhart mengungkapkan perekonomian di seluruh dunia menghadapi tantangan berat yang ditimbulkan oleh tingkat utang yang tinggi.

“Perekonomian di seluruh dunia menghadapi tantangan berat yang ditimbulkan oleh tingkat utang yang tinggi dan juga meningkat pesat,” ujarnya.

Transparansi utang yang lebih baik dianggap makin penting dalam mengatasi risiko yang ditimbulkan oleh meningkatnya utang di banyak negara berkembang.

Dalam laporan terbaru tersebut, disebutkan bahwa Indonesia masuk ke dalam jajaran peminjam atau Top 10 negara-negara berpendapatan rendah dan menengah yang memiliki utang terbesar pada periode 2019-2020, selain Cina.

Indonesia masuk ke dalam jajaran bersama dengan India, Brazil, Rusia, Mexico, Turki, Argentina, Thailand dan Afrika Selatan. Dalam laporan ini, total stok utang eksternal RI tercatat sebanyak US$417,53 miliar pada 2020 naik dari 2019 sebesar US$402,10 miliar.

Pada laporan tahun sebelumnya, diketahui Indonesia juga masuk ke dalam jajaran 10 negara terbesar yang memiliki utang eksternal tertinggi. Indonesia disebut berada pada posisi 7 sebagai negara pemilik utang terbesar dunia.