Kronologi Baim Wong Dibuntuti Kakek Pakai Motor, Marah-marah Dipinta Uang dengan Mengemis

Selasa, 12 Oktober 2021 – 17:33 WIB

Baim Wong dan seorang kakek-kakek. (Foto: YouTube/Miftah's TV)

Baim Wong dan seorang kakek-kakek. (Foto: YouTube/Miftah's TV)

JAKARTA, REQnews - Influencer YouTube Baim Wong sedang menjadi pembicaraan lantaran video memarahi kakek-kakek yang diduga minta uang menjadi viral. Sikapnya dikecam akan dilaporkan pada Komnas Hak Asasi Manusia (HAM). Ia melalui akun Instagram pribadi @baimwong Baim Wong angkat bicara terkait kecaman tersebut pada Senin, 11 Oktober 2021.

Baim Wong mengatakan, tak senang dengan sikap kakek-kakek yang memaksa saat meminta uang. Apalagi, mengikuti hingga rumah.

"Jadi kalau dengan cara seperti itu saya enggak suka banget sih. Dia menjadikan kelemahan dia untuk bisa meminta uang sama saya. Saya sudah 77 tahun, saya sudah tua, minta duit dong," ucap Baim Wong.

Baim Wong mengatakan, kebiasaannya membantu dan memberi uang orang-orang adalah atas keinginan hatinya.

"Kayak gitu istilahnya, saya ngelakuin semuanya dengan hati, saya mau ngasih orang sesuai dengan hati saya, toh itu uang-uang saya juga," kata Baim Wong.

 

Baim Wong kemudian menceritakan kronologi dan alasan memarahi pria paruh baya itu.

Baim Wong bersama putranya, Kiano Tiger Wong dihampiri kakek-kakek naik motor.

Ayah dua anak itu terkejut karena kakek tersebut tiba-tiba meminta uang.

Sang kakek ternyata tahu bahwa Baim Wong suka membagi-bagi uang pada orang yang kurang mampu.

"Jadi Kiano ngajakin saya jalan, habis itu ya sudahlah saya jalan. Saya keluar dari rumah sakit, tiba-tiba menghampiri saya pakai motor, kita lagi jalan dan dia mepet kita sih, itu bahaya banget apalagi saya bawa anak. Tiba-tiba dia minta uang sama saya, kalau misalkan kalian ada di posisi saya pasti persepsinya beda banget sih," ucap Baim Wong.

Menurut Baim Wong, sikap kakek tersebut kurang pantas saat meminta uang. Namun, kata dia, tidak marah dan sempat menasihati kakek berusia 77 tahun itu.

"Sangat berbedalah dari cara dia ngomong, cara dia minta itu enggak banget, dan waktu itu saya enggak marah kok saya bilang. Pak bukan dengan cara seperti ini ya, jangan itu enggak baik," ucap dia.

Setelah itu Baim Wong bergegas pergi, dan ternyata kakek tersebut malah mengikutinya kemudian sempat berteriak meminta uang pada Baim Wong.

"Itu enggak marah-marah, akhirnya sudah saya lanjut lagi dan ketika saya naik motor sama Kiano dia teriak di belakang 'Baim minta uang'" ucap Baim Wong.

Baim Wong mengatakan tidak menyukai sikap orang yang mencoba memanfaatkan kebaikan hatinya. Hal itu yang menyebabkan ia tidak menggubris kakek-kakek tersebut. Kendati demikian sang kakek tidak menyerah, Baim Wong diikuti sampai rumahdan mulai naik pitam karena kakek tersebut terkesan memaksa saat meminta uang.

"Saya paling enggak suka kalau misalkan itu dijadiin kelemahan saya ketika orang melihat saya langsung minta uang. Saya jalan saya enggak menggubris saya ke rumah lumayan jauh, tiba-tiba dia muncul lagi setelah saya sampai, dan kembali dia minta uang. Pak tolong jangan dengan cara seperti ini, tolong, jangan enggak boleh. Menegurnya dengan cara seperti yang kalian lihat di video," ucap Baim.

Baim Wong akhirnya memberikan sejumlah uang pada kakek itu dan beranggapan alasan umur digunakan untuk mengambil hatinya.

Baim Wong membandingkan kelakuan kakek tersebut dengan orang usia tua yang anti mengemis.

"Tiba-tiba dia juga bilang setelah saya kasih uang 'Saya umurnya 77 tahun'. Banyak banget orang yang usianya 80, 90, bahkan 100 tahun dia anti banget mengemis," ucap Baim.