Beredar Kabar Komedian Narji Cagur Meninggal Dunia, Cek Faktanya Disini

Kamis, 14 Oktober 2021 – 15:51 WIB

Narji Cagur (Foto: Istimewa)

Narji Cagur (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Komedian Narji Cagur dikabarkan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan maut. Benarkah? 

Berdasarkan penelusuran REQnews.com, kabar duka komedian Narji meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan maut adalah kabar hoax (tidak benar).


Narji diketahui hingga sekarang masih aktif berkegiatan. Hal itu terlihat dari postingan akun Instagram miliknya (@narji77). Pada postingan terakhir, Narji terpantau masih melakukan kegiatan bertaninya.

Kabar meninggalnya Narji ini dibagikan dalam bentuk artikel oleh laman boricel[dot]xyz. Artikel yang diunggah berjudul “Innalillahi Wainnalillahi Rajiun! Kabar Duka Nardji Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut.”

 
Artikel itu juga dilengkapi dengan foto aktor Narji. Dalam keterangannya, Narji dikabarkan mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Kalibendo, Banjarsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jumat 13 Oktober 2021.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

“Innalillahi Wainnalillahi Rajiun! Kabar Duka Nardji Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut”


“Kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan Narji Setiawan meninggal terjadi di Jalan Raya Kalibendo, Banjarsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jumat 13 Oktober 2021.


Selain itu, diketahui jika isi dari artikel tersebut merupakan saduran artikel berjudul “Kecelakaan di Glagah Banyuwangi, 1 Pemuda Meninggal Setelah Tabrak Mobil Pickup”.

Artikel tersebut telah tayang di kabarbesuki.pikiran-rakyat.com pada 13 November 2020.

 
Isi artikel tersebut membahas mengenai kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Kalibendo, Banjarsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jum’at 13 Oktober 2021. Namun, isi artikel sama sekali tidak ditemukan pembahasan mengenai Narji yang meninggal dunia.

Selain itu, foto Narji dalam laman boricel [dot]xyz diketahui hasil jepretan Munady Widjaja, yang berasal dari laman kumparan.com. Foto tersebut digunakan di sejumlah artikel kumparan.com.

Salah satunya digunakan pada artikel berjudul “Narji Malu ‘Dikalahkan’ Anaknya yang Hafal Surat Panjang Al-Quran”, yang tayang pada 16 Mei 2018 sebagai foto di dalam artikelnya.

 
Dari penjelasan di atas, maka kabar duka komedian Narji meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan maut adalah hoax.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.