Sanksi Rp 100 Juta Menanti Rachel Vennya, Bakal Auto Kismin Nih

Kamis, 14 Oktober 2021 – 22:15 WIB

Rachel Vennya

Rachel Vennya

JAKARTA, REQnews - Selebgram Rachel Vennya terancam sanksi berat, atas ulahnya kabur dari karantina, seusai melakukan perjalanan dari luar negeri.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, sejumlah sanksi siap menjerat siapapun yang tidak mematuhi aturan karantina kesehatan, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Wiku berkata, sanksi terdapat pada Pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 tentant Wabah Penyakit Menular dan Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Prinsipnya kedua regulasi ini mengimbau pelaksanaan karantina untuk agar pelaku perjalanan tidak jatuh sakit maupun membawa penyakit," kata Wiku, Kamis 14 Oktober 2021.

Dalam dua aturan tersebut disebutkan jika sanksi berupa pidana hingga denda maksimal Rp 100 juta.

Pasal 14 ayat 1 sampai 3 UU No.4/1984 berbunyi; (1) Barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam UU ini, diancam dengan pidana penjara selama-lamanya 1 (satu) tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).

(2) Barang siapa karena kealpaannya mengakibatkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam UU ini, diancam dengan pidana kurungan selama-lamanya 6 (enam) bulan dan/atau denda setinggi-tingginya Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah).

(3) Tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) adalah kejahatan dan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) adalah pelanggaran.

Sedangkan, pasal 93 UU No.6/2018 berbunyi: Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

Sebelumnya selebgram Rachel Vennya diduga kabur dari karantina kesehatan di RSDC Wisma Atlet Pademangan setelah melakukan perjalanan dari Amerika Serikat.

Diduga kuat, ada oknum TNI berinisial FS yang dengan sengaja membantu Rachel untuk kabur dari karantina.