Direktur TV Kena Ciduk, Denny Siregar: Namanya Aktual TV, Isinya Fitnah dan Hoax

Sabtu, 16 Oktober 2021 – 11:05 WIB

Pegiat Media Sosial, Denny Siregar

Pegiat Media Sosial, Denny Siregar

JAKARTA, REQnews - Denny Siregar mengomentari kasus penangkapan direktur TV swasta yang diduga telah melakukan penyebaran berita hoaks dan provokatif.

“Namanya Aktual TV, isinya fitnah dan hoax yang gak terbukti..,” cuit Denny Siregar melalui akun Twitternya, Jumat, 15 Oktober 2021.

Untuk informasi, Direktur BSTV Bondowoso, Arief Zainurrohman (AZ), bersama dua anak buahnya berinisial M dan AF ditetapkan sebagai tersangka akibat postingan hoax dan SARA di akun YouTube pribadinya Aktual TV. Polisi mengungkap Arief membuat 765 konten provokatif yang kini telah disita akunnya.

"Hasil pemeriksaan kami dengan saksi ahli dan sebagainya bahwa konten-konten ini dari 'Aktual TV' ini terdiri dari 765 konten dan sebagian besar ini berisi konten-konten provokatif," ucap Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengky Haryadi di Jakarta, Jumat, 15 Oktober 2021

Hengky mengatakan, ratusan konten provokatif itu bisa memecah belah persatuan bangsa. Pasalnya, kata dia, apa yang ditayangkan akan menimbulkan keonaran.

"Sehingga konstruksi utama pasal yang kami terapkan dalam kasus ini adalah Pasal 14 ayat 1 dan 14 ayat 2 UU Nomor 1 Tahun 1946 di mana berita bohong tersebut bisa menimbulkan keonaran," ujar Hengky.

Hengky mengatakan, konten provokatif yang dibuat Arief tak hanya ditayangkan melalui YouTube. Melainkan disebar di sejumlah platform media sosial lain sehingga kontennya semakin viral.

"Kita bisa lihat bahwa dari 765 konten ini, Aktual TV sudah kita sita akunnya. Namun masih tetap kita bisa lihat dan ternyata dari Aktual TV ini disebarkan ke akun-akun lain bahkan tersebar di platform media sosial lain, di-download disebar ke WA, Twitter, dan sebagainya, sehingga ini semakin viral," kata Hengky.