Jakarta Resmi Gelar Formula E, PDIP: Hak Interpelasi Tetap Diajukan

Sabtu, 16 Oktober 2021 – 22:06 WIB

Ilustrasi Formula E

Ilustrasi Formula E

JAKARTA, REQnews - Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, tetap mendesak adanya hak interpelasi Formula E. Meskipun, Jakarta telah masuk kalender tuan rumah gelaran Formula E pada 4 Juni 2022.

"Seharusnya ini semua dijawab terbuka dengan resmi di Paripurna DPRD dengan interpelasi yg diajukan DPRD. Hak interpelasi akan tetap diajukan agar semua jelas dan rakyat tidak dirugikan," ucap Gilbert di Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Gilbert mengatakan, keanehan pertama, soal lokasi sirkuit yang masih belum diputuskan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Sebelum pandemi, sirkuit ditentukan di kawasan Monumen Nasional (Monas). Sampai akhirnya dibatalkan karena masalah perizinan. Kemudian, opsi sirkuit di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) juga sudah ditolak oleh Pemprov DKI sebelumnya.

"Pemilihan pulau reklamasi yang dinyatakan BRIN memiliki masalah penurunan permukaan tanah disamping pohon di Monas yang sudah digunduli, membuat tanda tanya besar kenapa harus dipaksakan tanpa kajian dan tidak pro lingkungan," ucap Gilbert.

Kedua, kata Gilbert, kenapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tidak terbuka mengenai pendanaan Formula E. Menurut dia, Jakpro hanya mengklaim Formula E tak lagi menggunakan APBD dan akan mendapat sponsor.

"Sekalipun perjanjian MoU baru misalnya B2B, karena Jakpro tidak terbuka soal isinya, jelas itu sudah menggunakan uang rakyat Rp560 M. Kita menduga tidak ada swasta yang terlibat, tetapi keras dugaan menggunakan uang CSR," ucap Politisi PDIP itu.

Untuk informasi, FIA World Motor Sport Council di Paris mengesahkan kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022 pada 15 Oktober kemarin. Hasilnya, Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada tanggal 4 Juni 2022.

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E bakal digelar di Diriyah (Saudi Arabia), Rome, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul. Formula E di Jakarta, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan.