Yulia Peresild Resmi Jadi Aktris Pertama yang Berakting di Luar Angkasa

Minggu, 17 Oktober 2021 – 13:04 WIB

Aktris Yulia Peresild, berbaju merah, bersama kosmonot dan astronot ISS sebelum meluncur kembali ke Bumi. Foto: Twitter Anton Shkaplerov

Aktris Yulia Peresild, berbaju merah, bersama kosmonot dan astronot ISS sebelum meluncur kembali ke Bumi. Foto: Twitter Anton Shkaplerov

Moskwa, REQNews.com -- Aktris Rusia Yulia Peresild dan produser-sutradara Kim Shipenko, plus kosmonot Oleg Novitksky, kembali ke Bumi dan resmi menjadi orang pertama yang membuat film di luar angkasa.

Setelah mengucapkan selamat tinggal kepada astronot dan kosmonot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), serta menutup palka pukul 16:41 pada 16 Oktober, pesawat ruang angkasa Soyuz MS-18 lepas landas dari ISS pukul 9:14 malam.

Pesawat mengalami deorbit burn pukul 23:42 dan mendarat dengan bantuan parasit di padang rumput Kazakhstan pukul 12:35 waktu setempat pada 17 Oktober.

Kepala Roscosmos, perusahaan antariksa Rusia, Dmitry Rogozin berada di sana untuk menyambut kru saat keluar dari kapsul. Kru film di Bumi berbondong-bondong merekam adegan tambahan di lokasi pendaratan.

Setelah evakuasi media, helikopter membawa mereka ke Karaganda, Kazakhstan. Dari sini mereka menuju pangkalan pelatihan di Star City, Rusia, dengan pesawat terbang.

Peresild dan Shipenko akan menjalani program rehabilitasi 10 hari, untuk membatu menyesuaikan diri dengan lingkungan Bumi, setelah 12 hari berada di luar angkasa.

Kru kembali ke Bumi setelah uji penembakan pendorong yang dijadwalkan dari pesawat ruang angkasa Soyuz, Jumat pagi, saat masih merapat di ISS. Tembakan pendorong berlanjut secara tak terduga, yang membuat II kehilangan kontrol.

Menurut NASA, dalam 30 menit penerbangan mendapatkan kembali kontrol ISS. "Seluruh kru terjaga saat kejadian, dan tidak dalam bahaya," kata NASA seperti diktuip CNN.

Peresild dan Shipenko melakukan perjalanan ke luar angkasa bersama kosmonot veteran Anton Shkaplerov pada 5 Oktober. Saat berlabuh di ISS, mereka menghadapi masalah komuikasi. Setelah itu segalanya lancar.

Selama 12 hari mereka membuat fitur pertama film Challenge. Peresild dan Shipenko beradegan di luar angkasa. Sesuatu yang tidak pernah mereka lakukan sebelumnya.

Film ini dibuat berdasarkan perjanjian komersil antara Roscosmos dan entitas media yang berbasis di Moskwa, yaitu Channel One, Studio Yellow, Black and White.

Shkaplerov tidak kembali ke Bumi bersama Peresild dan Shipenko. Ia akan berada di SS sampai Maret 2022 bersama astronot Mark Vande Hei dan kosmonot Roscosmos Pyotr Dubov.