Aturan Ekstra Ketat! Masuk Indonesia, Turis Wajib Punya Asuransi Rp 1 Miliar

Senin, 18 Oktober 2021 – 21:33 WIB

Ilustrasi bali

Ilustrasi bali

JAKARTA, REQnews - Pemerintah sudah membuka pintu bagi kedatangan turis asing ke Bali sejak 14 Oktober 2021 lalu. Namun, syaratnya benar-benar ekstra ketat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan, hanya turis dari 19 negara saja yang boleh masuk ke Bali, ditambah syarat wajib memiliki asuransi senilai Rp 1 miliar.

Sandi berkata, syarat tersebut adalah biaya pertanggungan pembiayaan penanganan Covid-19, bila turis yang masuk terjangkit virus tersebut.

"Asuransi Rp 1 miliar tersebut merupakan syarat karena itu seandainya wisatawan mancanegara masuk lalu terjangkit penyakit biayanya disediakan pihak asuransi itu," kata Sandi, Senin 18 Oktober 2021.

Lebih lanjut Sandi menjelaskan, asuransi sebesar Rp1 miliar bukan merupakan premi tetapi biaya pertanggungan. Sementara premi yang ditawarkan berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 1.600.000 per orang.

"Rp 1 miliar itu nilai pertanggungan maksimal asuransi bukan premi. Ini mencakup biaya ICU, kunjungan dokter, semua untuk keperluan mereka selama dirawat," katanya.

Indonesia hanya mengizinkan pembukaan Bali dan Kepulauan Riau pada 19 negara. Negara yang diizinkan tersebut ialah Saudi Arabia, United Arab Emirates, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, Italia, Prancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia.

Negara-negara tersebut dipilih sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena angka kasus terkonfirmasi Covid-19nya berada pada level 1 dan 2, dengan angka positivity rate yang rendah.