Fadil Imran Kejar Semua Pihak yang Terlibat Kaburnya Rachel Vennya dari Karantina

Senin, 18 Oktober 2021 – 22:32 WIB

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran

JAKARTA REQnews - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran menegaskan, tak akan segan mengusut keterlibatan pihak internal yang membantu kaburnya Rachel dari tempat karantina.

"Kami akan mengusut tuntas tanpa pandang bulu terhadap siapa saja yang terlibat dalam mafia karantina. Polda Metro Jaya akan mengusut tuntas, ini sebagai jawaban," ujar Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 18 Oktober 2021.

Seperti diketahui, kabar Rachel Vennya kabur dari karantina dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara sebelumnya menyebar melalui internet.

Selebgram tersebut seharusnya menjalani karantina karena baru pulang berpergian dari Amerika Serikat. Namun baru tiga hari diisolasi, baik Rachel, kekasih, dan manajernya melarikan diri.

Kementerian Kesehatan pun bergerak cepat menindaklanjuti kabar ini. Kemenkes bersama Tim Satgas Covid-19 segera melakukan pengecekan untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan karantina merupakan hal yang wajib dipatuhi semua orang yang baru berpergian dari luar negeri.

"Semua harus patuh sesuai aturan tanpa kecuali. Pasti akan ada langkah-langkah untuk memastikan aturan dilaksanakan," ujar Nadia.

Setelah diselidiki, Kodam Jaya selaku Komando Satuan Tugas Gabungan Terpadu Covid-19 menemukan peran salah satu anggotanya dalam kasus tersebut.

"Terdapat temuan bahwa adanya oknum anggota TNI bagian Pengamanan Satgas di Bandara Soekarno-Hatta berinisial FS yang melakukan tindakan non prosedural," ujar Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS dalam keterangannya, Kamis, 14 Oktober 2021.