Tak Buka Pintu untuk Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan: Pemerintah Bakal Drop dari List 19 Negara

Senin, 18 Oktober 2021 – 20:45 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, REQnews - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, apabila dari 19 negara tersebut ada yang tidak membuka pintu kedatangan untuk Indonesia, maka pemerintah bakal mencoret negara tersebut dari daftar.

"Bila mereka belum membuka ke kita, mereka pun nanti tidak tertutup kemungkinan akan kita drop dari list 19 negara itu," ujar Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Senin, 18 Oktober 2021.

Luhut mengatakan, 19 negara yang diizinkan masuk ke Indonesia sudah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya jumlah kasus dan tingkat positivity rate yang rendah berdasarkan standar Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Menurut Luhut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengingatkan jajarannya untuk terus melakukan evaluasi tiap minggu.

"Agar dapat memitigasi dampak buruk dari pembukaan pintu masuk 19 negara tersebut," ucap Luhut.

Luhut mengatakan, penambahan kasus Covid-19 harian di Indonesia dan Jawa-Bali telah turun 99 persen dari puncaknya pada 15 Juli 2021. Saat ini, kata dia, tersisa kurang dari 20.000 kasus aktif di nasional dan kurang dari 8.000 kasus aktif di Jawa-Bali.

"Jauh menurun dibandingkan lebih dari 570.000 kasus aktif pada puncak varian Delta," ujar Luhut.

Bersamaan dengan itu, menurut Luhut, angka kematian pasien virus corona terus menurun dan vaksinasi terus meningkat.

"Keberhasilan kita mengendalikan varian Delta hingga saat ini menegaskan bahwa Indonesia bisa mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan ke depan, jika kita melakukannya secara kompak," ucap Luhut.