Tiba di Gedung KPK, Bupati Kuansing Bakal Dicecar Penyidik Nih

Rabu, 20 Oktober 2021 – 21:20 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (Foto: Hastina/REQnews)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (Foto: Hastina/REQnews)

JAKARTA, REQnews - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Andi Putra tersangka kasus dugaan suap perizinan terkait sawit telah tiba di Gedung KPK. Andi ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Senin 18 Oktober 2021.

Berdasarkan hasil gelar perkara, KPK menjerat Andi Putra sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari General Manager PT Adimulia Agrolestari, Sudarso yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Namun, keduanya baru dibawa ke Jakarta dari Riau hari ini. "Sekitar pukul 18.45 WIB telah sampai di Gedung Merah Putih KPK," kata plt juru bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu 20 Oktober 2021.

Ali menyebut bahwa saat ini keduanya sedang menjalani pemeriksaan lanjutan, yang selanjutnya akan langsung dibawa ke rutan untuk ditahan. "Kedua tersangka tersebut akan dibawa ke rutan masing-masing," katanya.

Terkait dengan penahanan, Sudarso berada di Rutan Pomdam Jaya Guntur. Sedangkan Andi Putra ditahan di Rutan Gedung Merah Putih KPK.

Diketahui, dalam kasus tersebut Andi diduga menerima suap senilai ratusan juta rupiah dari Sudarso. Itu terkait perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) kebun sawit milik PT Adimulia Agrolestari.

Untuk memperlancar perizinan, diduga terjadi kesepakatan soal pemberian uang Rp 2 miliar kepada Andi Putra yang dilakukan secara bertahap. Sebelumnya, sudah ada Rp 700 juta yang diserahkan, sebelum akhirnya praktik tersebut terungkap melalui OTT KPK.