Ini Daftar Menteri dan Pejabat Negara yang Diminta BEM UI agar Dicopot

Kamis, 21 Oktober 2021 – 02:30 WIB

Jokowi-Ma'ruf

Jokowi-Ma'ruf

JAKARTA, REQnews - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) menyampaikan rapor merah dua tahun kepemimpinan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Ketua BEM UI Leon Alvida Putra pada Rabu 20 Oktober 2021 meminta Presiden Jokowi agar mencopot menteri-menteri dan pejabat tinggi negara yang dalam rapor tersebut, memiliki nilai buruk dari D hingga E.

Ada sederet masalah dalam kepemimpinan Jokowi yang disorot tajam BEM UI, seperti UU KPK yang sudah direvisi, perkara kebebasan berekspresi, revisi UU ITE, lingkungan hidup, isu food estate, energi kotor batubara, krisis iklim, pelanggaran HAM, hingga soal pendidikan.

Dalam rapor tersebut, BEM UI meminta Jokowi mencopot Menkopolhukam Mahfud MD dan Menkumham Yasonna Laoly yang mendapat nilai E atau Drop Out.

Kemudian, Menteri LHK Siti Nurbaya, juga Mendikbud Nadiem Makarim yang tak lepas dari pemberian nilai buruk E oleh BEM UI.

 

 

Selain para menteri, sejumlah pejabat negara seperti Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Ketua KPK Firli Bahuri juga dianggap pantas untuk ditendang dari jabatannya.

 

Sementara Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menkes Budi Gunadi Sadikin dan institusi Polri mendapat nilai D atau remedial.