Katanya Kangen Didemo, Giliran Istana Digeruduk Jokowi Ngacir ke Kalimantan, Mahasiswa: Pengkhianat!

Kamis, 21 Oktober 2021 – 18:15 WIB

Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi

Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi

JAKARTA, REQnews - Untuk kesekian kalinya Presiden Joko Widodo atau Jokowi, tak berada di Istana Negara saat berlangsung aksi demonstrasi.

Seperti yang terjadi hari ini, Kamis, 21 Oktober 2021. Disaat Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara untuk menyampaikan aspirasi, Jokowi memilih untuk "kabur" ke Kalimantan saat mahasiswa ingin menyampaikan aspirasi.

Padahal dalam beberapa kali kesempatan, Jokowi pernah mengucap kangen di demo dan pernah juga meminta masyarakat untuk tetap aktif menyampaikan kritik terhadap pemerintah.

Aksi Aliansi BEM itu dilakukan dalam tujuh tahun kepemimpinan Presiden Jokowi atau dua tahun kepemimpinan Jokowi-Maruf, banyak janji-janjinya yang belum direalisasikan. Mahasiswa menilai Jokowi gagal memimpin Indonesia.

"Kami aliansi BEM-SI ingin menyampaikan aspirasi kami ke Pak Jokowi. Kami membawa sejumlah tuntutan. Beliau yang ada di Istana tapi malah ke Kalimantan?" kata Koordinator Aksi BEM-SI Alvian dalam orasinya, di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis, 21 Oktober 2021.

Dalam orasinya, mahasiswa kecewa dengan kinerja Jokowi-Maruf di dua tahun kepemimpinannya.

"Jokowi?" teriak orator dalam orasinya.

"Pengkhianat," jawab massa aksi.

Presiden Joko Widodo hari ini justru tidak berada di Jakarta. Presiden terbang ke Provinsi Klimantan Selatan untuk meninjau vaksinasi dan beberapa agenda lain.

"Saya bertolak menuju Provinsi Kalimantan Selatan pagi ini untuk kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Bumbu dan Kota Banjarmasin. Di Tanah Bumbu, saya akan meresmikan pabrik biodiesel, dan di Banjarmasin meninjau vaksinasi dan meresmikan Jembatan Sei Alalak," demikian keterangan presiden dikutip dari akun Twiternya.