Relawan Calonkan Anies Baswedan Jadi Presiden, Wagub DKI Jakarta: Itu Hak Warga Negara

Kamis, 21 Oktober 2021 – 21:15 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, REQnews - Wakil Gubernur (Wagub) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Ahmad Riza Patria merespons deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurut dia, hal tersebut merupakan hak setiap warga negara.

"Itu hak warga negara untuk berdemokrasi, tapi Pak Anies sejauh yang saya tahu tidak pernah bahas soal Pilpres karena masih 2024 ya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Oktober 2021.

Riza mengatakan, saat ini Anies Baswedan masih fokus dengan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta dan tak pernah menyinggung pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Saya kira tidak pernah ya menyinggung soal pilpres maupun politik. Sekalipun ada kelompok-kelompok yang mencoba mendukung mendeklarasikan," ucap Wagub Riza.

Sebelumnya, Kelompok relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Deklarasi dilakukan di Rumah Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat, dan menerapkan acara secara hybrid.

Koordinator ANIES, La Ode Basir menyatakan sosok Anies Baswedan memiliki karakter sebagai pemimpin bangsa. Yakni mampu menyaring aspirasi masyarakat dengan cepat. Selain itu, Gubernur DKI Jakarta ini dinilai sebagai tokoh yang bersikap santun dalam menyikapi masalah.

"Dengan capaian-capaian itu, dengan mengucapkan bismillah mulai hari ini bekerja untuk mendukung pencalonan Bapak Anies Rasyid Baswedan," ucap La Ode, Rabu, 20 Oktober 2021.

Menurut La Ode, Anies memiliki pengalaman dalam mengatasi masalah di Jakarta sebagai ibu kota negara. Sejumlah janji kampanyenya saat Pilkada DKI 2017 sudah hampir dituntaskan.

"Selama empat tahun menjadi Gubernur DKI, Anies Baswedan telah berhasil memenuhi sebagian besar janji kampanye yang disampaikan ketika Pilkada," ujar dia.