Viral Video Petugas Dishub Lakukan Pungutan Liar ke Sopir Rp250 Ribu

Jumat, 22 Oktober 2021 – 13:32 WIB

Petugas Dishub yang lekukan pemerasan (Foto:Istimewa)

Petugas Dishub yang lekukan pemerasan (Foto:Istimewa)

GOWA, REQNews - Beredar sebuah video seorang petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melakukan pungutan liar kepada seorang sopir pengangkut barang.

Video tersebut menyebar di media sosial dan menjadi viral pada Kamis 21 Oktober 2021.

Menanggapi video tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, H. Firdaus mengatakan apa yang dilakukan anggota bila dilihat dari video yang beredar sudah menyalahi prosedur dan aturan.

Dia berjanji akan menindaklanjuti aksi yang dilakukan oleh pegawai dishub gowa tersebut.

"Apa yang dilakukan oleh pegawai dishub gowa ini, sudah menyalahi aturan, dan Insya Allah kami akan tindaki secepatnya," kata Firdaus, Kadishub Kabupaten Gowa.

Firdaus menambahkan, bahwa dirinya akan berkordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gowa, pasalnya oknum petugas Dishub ini adalah BKO dari Satpol PP.

Sementara itu, Marjuli Parukka, Sang supir pickup yang menjadi korban pungutan liar oleh pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa ini mengaku bahwa dirinya ditahan dan dimintai uang sebesar Rp250.000, dengan alasan perpanjang surat Kir.

"Saya dimintai uang sebesar Rp250.000, dengan alasan perpanjang surat Kir" jelas Marjuli.

Lanjutnya, dalam video tersebut, dirinya dan oknum petugas Dishub Gowa itu saling adu argumen terkait biaya kir yang diminta oknum petugas Dishub itu yang dianggapnya terlalu mahal.

"Saya adu argumen sama petugas dishub itu, karena uang sebesar Rp250.000, yang dimintanya terlalu kemahalan," tutur marjuli.

Oknum petugas Dishub Gowa tersebut juga sempat mengambil SIM, STNK dan KIR mobil dan membawa saya ke Polantas Polres Gowa, setelah itu dia tinggalkan saya tanpa ada surat tilang.