Breaking News: Ratu Elizabeth Dikudeta, Presiden Baru Terpilih

Jumat, 22 Oktober 2021 – 20:45 WIB

Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth

JAKARTA, REQnews - Penguasa Inggris Ratu Elizabeth telah dilengserkan dari posisinya sebagai kepala negara bagi Barbados.

Ya, rakyat Barbados melakukan pemilihan presiden pertamanya pada Rabu 20 Oktober 2021, untuk menggantikan Ratu Elizabeth dan mengubah sistem monarki di bawah Kerajaan Inggris menjadi sebuah republik baru.

Dalam momen bersejarah ini, Sandra Mason terpilih sebagai presiden pertama Barbados, dengan mengantongi dua pertiga suara dari dewan majelis dan senat.

Sebagai informasi, Barbados yang penduduknya tidak sampai 300 ribu jiwa adalah negara bekas jajahan Inggris, dan menyatakan kemerdekaannya pada 1966 lalu.

Namun, mereka tetap mempertahankan hubungan dengan Inggris, dan mengakui kekuasaan Ratu Elizabeth. Hanya saja, desakan untuk berdaulat penuh mulai muncul di negara ini dan meluas sejak beberapa tahun belakangan.

Bila berjalan mulus, Mason akan dilantik secara resmi sebagai Presiden Barbados pada 30 November 2021 nanti, bertepatan dengan momen 55 tahun kemerdekaan.

Perdana Menteri Barbados Mia Mottley menyebut pemilihan presiden sebagai momen penting dalam perjalanan negara.

“Kami baru saja memilih seorang wanita yang unik dan penuh semangat, tidak berpura-pura menjadi apa pun (dan) mencerminkan nilai-nilai kami,” kata Mottley, seperti dikutip dari Aljazirah, Jumat 22 Oktober.

Mottley mengatakan keputusan negara itu untuk menjadi republik bukan kutukan atas masa lalu kolonial Inggris. Dia berharap Barbados dapat terus menjalin hubungan dengan Inggris meski telah berganti sistem pemerintahan.