Kapan Pastinya Ibu Kota Pindah ke Kaltim? Begini Jadwalnya Menurut RUU IKN

Sabtu, 23 Oktober 2021 – 07:31 WIB

Rancangan ibu kota baru di Kaltim

Rancangan ibu kota baru di Kaltim

JAKARTA, REQnews - Masyarakat masih bertanya-tanya, kapankah kepastian pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim)?

Menurut RUU IKN yang diterima Jumat, 22 Oktober 2021, ibu kota akan mulai dipindahkan pada semester I tahun 2024 mendatang.

"Pemindahan status Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke IKN dilakukan pada semester I tahun 2024 dan ditetapkan dengan Peraturan Presiden," bunyi Pasal 3 RUU IKN.

Terkait nasib Jakarta, statusnya tidak akan dicabut sebelum ada Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur, meski ibu kota sudah mulai dipindah nantinya.

"Sejak UU ini diundangkan sampai dengan tanggal pengundangan Peraturan Presiden mengenai Pemindahan Status Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ke IKN, kedudukan, fungsi, dan peran IKN tetap berada di Provinsi DKI Jakarta," tulis Pasal 28 ayat (1).

Begitu pun kantor pusat kementerian/lembaga dan kedutaan besar perwakilan negara sahabat, yang secara bertahap baru akan berpindah dan bertugas di IKN baru saat Perpres dikeluarkan.

"Pada tanggal diundangkan Peraturan Presiden tentang Pemindahan Status Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ke IKN, seluruh Lembaga Negara secara resmi berpindah kedudukannya dan mulai menjalankan tugas, fungsi, dan perannya secara bertahap di IKN," terang Pasal 21 ayat (1).