Hari Ini Jokowi Lantik Dubes AS Rosan Roeslani, Ini Profilenya

Senin, 25 Oktober 2021 – 09:33 WIB

Rosan Roeslani (Foto:Tribun)

Rosan Roeslani (Foto:Tribun)

JAKARTA, REQNews - Rosan Roeslani akan dilatik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai duta besar (dubes) Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat. Pelantikan akan berlangsung hari ini, Senin 25 Oktober 2021 di Istana Negara Jakarta.

"Dubes (akan dilantik Presiden). Rosan (menjadi) dubes Amerika," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Senin 25 Oktober 2021.

Pria kelahiran Jakarta 31 Desember 1968 adalah salah seorang pengusaha. Bersama dua sahabatnya, Sandiaga Uno dan Elvin Ramli, Rosan mulai merintis usaha sebagai penasihat keuangan (financial advisors).

Perusahaan yang dirintis sejak 1996 itu akhirnya resmi berdiri pada 1997 dengan nama PT Republik Indonesia Funding, yang lebih dikenal sebagai Finance Indonesia.

Segmen wirausaha yang sempat dicibir sejumlah orang itu akhirnya membuahkan hasil manis. Krisis ekonomi yang menerpa Indonesia sejak akhir 1997 menuntut perusahaan-perusahaan nasional untuk mencari orang-orang yang mampu menyehatkan kembali perusahaan dan bisnis yang dikelola.

Krisis pun berubah menjadi berkah bagi Rosan cs. Berawal dari kantor kecil seluas 70-an meter persegi di Gedung Tifa, Setiabudi, Jakarta, Finance Indonesia mulai mencuri perhatian para pemilik modal besar.

Pada tahun 2002, Indonesia Finance berganti nama menjadi Recapital. Dari sebuah perusahaan penasihat keuangan kecil, Recapital menjadi perusahaan besar.

Namnya pun melambung di antara pengusaha-pengusaha lain. Dia pun dipercaya menjadi Ketua ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2015 - 2020. Sebelumnya, Roslan menjabat Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial.

Rosan juga menjadi Ketua Satgas Omnibus Law. UU itu didukung penuh oleh Rosan yang dinilai merupakan hal penting bagi buruh dan pengusaha.