IFBC Banner

Tajir Melintir, Ternyata RFS Rachel Vennya Nunggak Pajak, Hukuman Ini Menanti

Senin, 25 Oktober 2021 – 11:03 WIB

Rachel Vennya (Foto: Istimewa)

Rachel Vennya (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Selebgram tajir Rachel Vennya yang viral akhir-akhir ini ternyata menunggak pajak. Hal itu diketahui dari mobil yang ditumpanginya pulang usai diperiksa polisi terkait karantina berpelat 'RFS'. 

IFBC Banner


Usut punya usut pelat B-139-RFS itu memang milik Rachel Vennya. Polisi mengungkap data Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) bahwa mobil itu sudah telat membayar pajak selama dua bulan.

"Dari data Dispenda akhir Agustus terakhir (bayar pajak). Sudah dua bulan," ucap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dikonfirmasi, Minggu 24 Oktober 2021.

Menurut Argo, dalam kasus ini hanya Rachel Vennya yang akan dipanggil oleh kepolisian. Pihak Dispenda belum akan dimintai keterangan terkait kasus ini.

"Enggak (panggil Dispenda) kita kan hanya mau cek identitas datanya. Nanti kalau masalah pajak ada ranahnya sendiri," kata Argo.

"Jadi intinya kita mengecek betul nggak dokumen kendaraan sesuai dengan yang ada. Fokusnya sementara hanya seperti itu," katanya lagi.

Adapun hukuman bagi pemilik kendaraan bermotor yang tidak tertib atau menunggak membayar pajak adalah sanksi berupa denda maksimal Rp 500.000 atau kurungan pidana hingga dua bulan.

Aturan tersebut tertuang dalam Pasal 288 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

 

Rachel akan menjalani pemeriksaan polisi karena menggunakan pelat nomor berhuruf belakang RFS.

Mobil dengan pelat nomor yang biasa digunakan pejabat ini, tertempel di Toyota Vellfire berkelir hitam yang digunakan Rachel saat memenuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta. Hasil penelusuran yang dilakukan oleh pihak kepolisian, ternyata pelat nomor tersebut, tidak dipasang di kendaraan yang sesuai.

Dalam STNK, pelat nomor tersebut tertulis untuk kendaraan berwarna putih, bukan hitam.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, pihaknya akan memeriksa Rachel Vennya atas kepemilikan kendaraan yang tidak sesuai dengan registrasi dan identifikasi pada STNK.

Namun, ia menunggu penyelidikan atas kaburnya Rachel Vennya dari karantina di RSDC Wisma Pademangan rampung.

"Kita akan memanggil untuk klarifikasi apakah dengan memanggilnya atau kita mengirim penyidik lalu lintas datang ke rumahnya untuk melihat kendaraan itu," kata dia di Polda Metro Jaya.

Sebelumnya Sambodo mengatakan, ia telah mengecek data base kendaraan bermotor perihal pelat nomor RFS yang terpasang pada mobil Toyota Vellfire. Hasilnya, mobil itu terdaftar atas nama Rachel Vennya.

"Itu memang betul kepunyaan Rachel Vennya," ujar dia.