IFBC Banner

Kamar Kos Dijadikan Sarang Pinjol, 4 Orang Diamankan Saat Digerebek Polisi

Selasa, 26 Oktober 2021 – 04:04 WIB

Gambar ilustrasi

Gambar ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Petugas kepolisian kembali menggerebek sarang Pinjaman Online (Pinjol) di Jakarta. Uniknya, penggerebekan kali ini dilakukan disebuah kamar kos di wilayah Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombespol Auliansyah Lubis menjelaskan, sebanyak empat orang terduga pelaku yang terdiri dari dua wanita dan dua pria, diamankan dari kamar Kos-kosan tersebut. Di lokasi tersebut pihaknya menduga ada empat aplikasi pinjol ilegal.

"Jadi di kos-Kosan ini kita berhasil melakukan penindakan ada dua lokasi atau dua kamar. Di mana dalam dua kamar ini ada 4 aplikasi pinjaman online ilegal," ujar Auliansyah, Senin, 25 Oktober 2021. Menurutnya, peran keempat orang ini sebagai collector (penagih) di empat aplikasi pinjol tersebut. Para pelaku melakukan penagihan diketahui secara kasar kepada para nasabahnya.

Keempat orang ini kerap meneror para krediturnya yang wanprestasi mulai dari santet hingga penyebaran foto-foto tak senonoh. Mereka, lanjutnya, sudah beroperasi sejak 10 bulan lalu.

"Tadi sama-sama sudah kita lihat dia melakukan, 'kalau kamu tidak bayar kamu akan saya santet' ataupun 'apabila kalau kamu tidak bayar saya akan kirimkan foto-foto senonoh kamu ke setiap kontak yang ada di hp anda'," ujarnya.