Guru Besar UIN: Rocky Gerung Sudah Islam, Hanya Belum Syahadat

Kamis, 28 Oktober 2021 – 17:57 WIB

Rocky Gerung berpeci. Foto: Twitter/Teddy Gusnaidi

Rocky Gerung berpeci. Foto: Twitter/Teddy Gusnaidi

JAKARTA, REQnews - Guru Besar UIN Banten Prof. Dr. Fauzul Iman kembali mengungkapkan pernyataan yang membuat heboh, lantaran menyebut pengamat politik Rocky Gerung sudah bisa dibilang sebagai pemeluk Islam, hanya saja belum bersyahadat.

Dia memuji sosok Rocky Gerung yang sikap dan perilakunya mencerminkan sangat-sangat Islami.

“Rocky Gerung itu muslim yang belum bersyahadat, itu karena secara substansial dan perilaku-perilakunya sebetulnya sudah Islami,” kata dia saat diwawancarai kolumnis Hersubeno Arief di saluran Youtube-nya, dikutip Kamis, 28 Oktober 2021.

Fauzul mencontohkan, Rocky Gerung memiliki prinsip yang selalu tegak untuk mengoreksi, juga kerap bersikap kritis terhadap situasi yang membungkam persoalan kesejahteraan, ekonomi, dan demokrasi di Indonesia.

“Dia tegas secara prinsip membahas kesejahteraan, ekonomi, demokrasi. Maka itu, saya kira secara substansial Rocky Gerung sudah Islam. Hanya memang formalnya belum syahadat. Tapi yang dia lakukan itu sudah Islam,” ujar dia.

Fauzul lantas membahas Kitab Al Manar di mana di dalamnya disebutkan, Islam justru terlihat di barat. Jadi walau banyak orang muslim berada di Timur, baik Indonesia dan Mesir. Namun, dia menyebut melihat Islam justru ada di barat.

“Karena melihat kebersihannya, tata kelola jalan raya, orang-orang yang lewat tidak asal nerobos, disiplin, klakson tidak dibunyikan keras-kaeras, sampah-sampah dikelola dengan baik, itu kan islami,” katanya.

Sementara di dalam negeri sendiri, menurut Fauzul, meski sudah bejibun muslim yang telah bersyahadat, akan tetapi perilakunya ia lihat masih belum baik secara keseluruhan.

“Sudah bersyahadat tapi tidak menunjukan Islam, sementara Rocky Gerung belum bersyahadat tapi menunjukkan sikap Islami,” katanya. []