Salut, Kanada Beri Dua Kursi Menteri untuk Muslim di Pemerintahan

Jumat, 29 Oktober 2021 – 18:00 WIB

Kanada

Kanada

JAKARTA, REQnews - Dua tokoh Muslim menduduki posisi menteri di kabinet baru pemerintahan Kanada, di bawah komando Perdana Menter Justin Trudeau.

Adapun kedua sosok tersebut adalah Omar Alghabra yang posisinya tidak berubah sebagai Menteri Transportasi, dan nama baru Ahmad Hussen yang diberi amanah Menteri Perumahan Keanekaragaman dan Inklusi.

Trudeau mengumumkan nama-nama menteri di kabinetnya pada Selasa 26 Oktober 2021 lalu, menjelang dibukanya kembali parlemen pada 22 November mendatang.

"Warga Kanada membutuhkan kabinet yang kuat dan beragam untuk memenuhi prioritas mereka dan membuat Kanada terus maju untuk semua orang," kata Trudeau, seperti dikutip dari About Islam, Kamis 28 Oktober.

Trudeau menjelaskan, kedua sosok Muslim itu bersama menteri lain akan fokus pada pekerjaan utama, yakni penanganan pandemi Covid-19, mengatasi krisis iklim, memajukan rekonsiliasi dengan pribumi dan membantu perumahan warga.

"Bersama-sama, kami akan bekerja tanpa lelah untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi semua warga Kanada," ujarnya menambahkan.

Hussen dalam laman Facebook-nya mengungkapkan kegembiraan bisa masuk ke dalam kabinet Trudeau.

"Merasa terhormat untuk terus melayani warga Kanada di kabinet sebagai Menteri Perumahan dan Keanekaragaman dan Inklusi. Dengan Kementerian Perumahan yang berdedikasi, kami akan terus mempermudah warga Kanada untuk menemukan tempat yang terjangkau untuk panggilan pulang dan mengakhiri tunawisma kronis. Ayo terus bekerja!" kata Hussen.

Alghabra juga membagikan pesan serupa di Twitter.

"Negara kita memiliki masa depan yang cerah! Saya merasa terhormat untuk terus melayani warga Kanada sebagai Menteri Transportasi. Karena sektor transportasi terus berkembang dan berinovasi, pemerintah kami akan ada di sana untuk terus bekerja keras untuk Anda," ujarnya.