Bukannya Salat Subuh, Maling Malah Gondol Uang Kotak Amal Masjid di Abdya

Jumat, 29 Oktober 2021 – 15:08 WIB

Kotak amal masjid di Aceh Barat Daya (Abdya) dipecahkan kacanya, uang jutaan rupiah dibawa kabur maling. (foto: istimewa).

Kotak amal masjid di Aceh Barat Daya (Abdya) dipecahkan kacanya, uang jutaan rupiah dibawa kabur maling. (foto: istimewa).

JAKARTA, REQnews - Kotak amal jemaah masjid Desa Pante Gelumpang, Kecamatan Tanggan-tanggan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, dibobol maling, pada Jumat pagi hari ini 29 Oktober 2021.

Alhasil, isi kotak amal yang diperkirakan berjumlah jutaan rupiah ini, yang bersumber dari sumbangan jemaah, raib dibawa kabur orang tidak dikenal atau OTK.

Maling ini diduga kuat menguras isi kotak amal dengan cara memecahkan kaca dan merusak gembok. Kotak amal yang isi uangnya digasak maling terbuat dari aluminium dengan berdinding kaca.

"OTK. Maling ini tidak bisa membawa kabur celengan, sebab dirantai. Namun, isinya diambil dengan cara memecahkan kaca," kata Parmizal, warga setempat kepada wartawan, Jumat, 29 Oktober 2021.

Dia berujar, raibnya uang di dalam kotak amal mulanya diketahui oleh salah satu jemaah yang hendak melaksanakan salat subuh. Setelah mengambil wudhu, jemaah ini masuk masjid, lalu sontak terkejut usai melihat kotak amal tidak berada di posisi semestinya.

"Awalnya dilihat oleh salah satu jemaah salat subuh. Saat itu celengan sudah pecah kacanya, uangnya habis dibawa kabur," ucapnya.

Warga setempat pun menduga-duga, maling beraksi menjelang subuh. Sebab, di masjid ini belum dipasang CCTV, sehingga pelaku sulit untuk dikenali, ataupun dilacak keberadaannya.

"Belum ada CCTV. Warga baru tahu ketika hendak salat subuh," ucapnya memungkasi. []