IFBC Banner

Seorang Menteri Makan Steak Berlapis Emas, Rakyat Vietnam: Bos...! Rakyat Masih Miskin

Minggu, 07 November 2021 – 22:27 WIB

Foto: Al Arabiya News

Foto: Al Arabiya News

Hanoi, REQNews.com -- Jenderal To Lam, menteri keamanan publik Vietnam, dikecam rakyatnya akibat makan steak berlapis emas di Restoran Nusr-Et di London, Inggris.

BBC memberitakan kritikus mempertanyakan pilihan tempat, dengan satu hidangan steak yang harganya lebih mahal dari gaji bulanan seorang menteri.

Steak berlapis emas dihidangkan Nusret Gokce, seorang koki selebriti di London. Gokce membagikan video di akun TikTok-nya yang menunjukan Jenderal To Lam bersama delengasi Vietnam makan di restoran awal November 2021.

Video, yang dibagikan ulang pengguna Twitter, menunjukan Jenderal To Lam sedang diberi sepotong daging berlapis emas. Namun video itu dihapus setelah menarik perhatian media.

Hoang Dung, aktivis hak asasi manusia di Vietnam, mempertanyakan alasan makan malam di restoran kelas atas di Distrik Knighsbridge di London.

Tidak ada restoran murah di distrik ini. Seluruh makanan disajikan dengan sangat mewah, dan hanya orang berkantong tebal dan harta tak habis tujuh turunan bisa menikmatinya.

Harga steak berlapis emas tidak tercantum di situs web restoran itu, tapi menurut satu ulasan tentang makanan itu harganya bikin geleng kepala, yaitu antara 850 pound (Rp 16,5 juta) sampai 1.500 pound (Rp 29 juta).

Harga itu belum termasuk lauk lainnya dan minuman, serta biaya layanan sebesar 15 persen dari harga.

Pengguna media sosial mengecam kemewahan yang dinikmati Jenderal To Lam, dan membandingkannya dengan kemiskinan di Vietnam.

"Uang pajak kami digunakan untuk kemewahan," kata satu pengguna media sosial seperti dikuip Radio Free Asia.

"Vietnam masih miskin, tapi menterinya sangat mewah. Petugasnya menikmati begitu banyak kemewahan," tulis pengguna Facebook bernama Mung Tin Ngo.

Kantor Jenderal To Lam tidak memberi komentar apa pun setelah video itu menimbulkan reaksi. Juga tidak diketahui siapa yang membayar makan malam mewah sang jenderal.

Menurut laporan, gaji bulanan seorang menteri di Vietnam antara 600 pound (Rp 11,6 juta) sampai 800 pound (Rp 15,5 juta).

Jenderal To Lam berada di London untuk menghadiri KTT Iklim COP26 di Glasbow, Skotlandia.