IFBC Banner

Ke Mandalika, Yuk Main ke Pantai Kuta yang Pasirnya Putih Sehalus Sutra

Kamis, 11 November 2021 – 22:32 WIB

Pantai Mandalika (Foto:Ray Adventure)

Pantai Mandalika (Foto:Ray Adventure)

LOMBOK, REQNews - Saat ini nama Mandalika lagi 'naik daun' pasalnya ada perhelatan internasional yang akan diadakah di Surkuit Mandalika yang baru saja rampung dibangun yakni Asia Talent Cup dan seri terakhir World Superbike atau WSBK pada 19-21 November nanti. Bahkan gelaran MotoGP sudah diagendakan akan digelar di sirkuit yang terletak di Lombok Tengah NTB ini pada Maret 2022.

IFBC Banner


Mandalika merupakan kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, di sana tidak hanya ada Sirkuit, tapi banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

Salah satunya pantai eksotis yang sayang banget untuk dilewatkan yakni Pantai Kuta. Kamu kalau sudah pernah berkunjung dipastikan akan ketagihan. Pantai Kuta ini memiliki pasir berwarna putih yang sangat lembut seperti sutra.

Pantai Kuta memang terkenal dengan pasir putihnya yang berbeda dengan kebanyakan pantai di Indonesia. Pasir berwarna putih dengan garis pantai yang panjang menjadikan Kuta sebagai idola bagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Biasanya banyak turis lokal dan internasional akan datang ketika perayaan upacara kebudayaan terbesar di Pulau Lombok dan dilakukan satu kali dalam setahun upacara Sasak di desa ini yakni upacara Bau Nyale.

Dalam upacara ini masyarakat dan wisatawan mencari dan berburu cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik jelita, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya.

Karena kebijakan sang putri dan tidak menginginkan terjadi pertumpahan darah di antara kerajaan. maka ia memutuskan moksa (hilang) dan terlihat seperti terjun ke laut. Namun sebelumnya sang putri bertitah, "Wahai rakyatku, jika engkau ingin menemui dan menjumpaiku. Carilah aku pada tanggal 20 bulan sepuluh (penanggalan suku Sasak) di sepanjang pantai ini setiap tahun", ujar sang putri.

Hingga sekarang, ritual adat ini masih dilakukan dan dikemas sebagai atraksi wisata yang sangat menarik bagi wisatawan. Wujud cacing laut (nyalè) ini dipercaya sebagai reinkarnasi sang putri dengan asas keadilan. Semua rakyat bisa mendapatkannya tanpa perlu berperang memperebutkan fisik sang putri.

Event Bau Nyale ini biasanya di gelar antara bulan Februari - Maret setiap tahunnya yang berlokasi di sepanjang semenanjung Pantai Kuta Lombok Tengah.

Selain pasirnya yang unik di pantai ini juga terdapat deretan bukit-bukit yang menjulang berukuran sedang, menambah keindahan Pantai kuta. Ada satu bukit bernama Mandalika, bukit ini menjadi tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan Kuta dari ketinggian. Jika Anda mencapai puncak Bukit Mandalika, Anda akan menemui pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah, dengan air lautnya yang bening. Bahkan Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karangnya.

Selain pasir putih, air lautnya juga sangat jernih hingga bisa melihat pemandangan bawah lautnya. Untuk kamu yang suka olahraga air juga tersedia fasilitas seperti banana boat, windsurfer dan jetski. Ombak yang lumayan besar juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu surga bagi para pecinta surfing.