Inggris Nyatakan Siap Perang Lawan Rusia, Penyebabnya Gegara Ini

Senin, 15 November 2021 – 22:05 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin

JAKARTA, REQnews - Pemerintah Inggris saat ini tengah mempersiapkan militernya untuk kemungkinan pecahnya perang melawan Rusia.

Kepala Angkatan Bersenjata Inggris Nick Carter menyebut, Rusia tidak bisa didiamkan begitu saja karena sudah menjadi ancaman serius di Eropa timur belakangan ini.

Carter berkata, Rusia telah mendalangi keributan antara Polandia dan Belarus terkait masalah migrasi, bahkan mengerahkan pasukannya di perbatasan Ukraina, yang dianggap sebagai ancaman stabilitas global.

Mengutip BBC, Senin 15 November 2021, Carter menyebut, Rusia sudah menggunakan pedoman hibrida antara disinformasi dan destabilisasi dalam gerakan berbahaya mereka di Eropa timur.

Bahkan, Rusia diyakini sebagai negara yang mengarahkan migran ke perbatasan Uni Eropa. Carter melihat ini sebagai sebuah ancaman yang mengarah pada perang.

 

"Saya pikir kita harus waspada dan memastikan pencegahan. Secara kritis kita harus memastikan ada persatuan dalam aliansi NATO dan kita tidak membiarkan kesenjangan terjadi dalam posisi kolektif kita," kata Carter.

Lebih lanjut, ia mengakui bahwa saat ini dunia bergerak jauh lebih kompetitif dibanding 10 ataupun 15 tahun lalu.

Dunia sudah mengarah pada ketegangan-ketegangan antara negara-negara serta kekuatan besar yang jauh lebih berbahaya.

"Dan saya pikir ketegangan adalah hal yang perlu diwaspadai," ujar Carter.