Duh, Napi Diduga Pesta Sabu dan Video Call di Kamar Lapas Banyuasin

Selasa, 16 November 2021 – 03:01 WIB

Ilustrasi penjara (Foto:Istimewa)

Ilustrasi penjara (Foto:Istimewa)

PALEMBANG, REQNews – Beredar video narapidana (napi) diduga tengah pesta sabu dan video call dari dalam kamar lapas. Peristiwa ini diduga terjadi di Lapas Kelas IIA Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Dalam video itu, tampak napi bebas menggunakan handpone dan video call dengan seorang wanita.

Sementara napi lainnya tengah mengonsumsi sabu dengan menggunakan sebuah sedotan panjang di dalam botol.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Dadi Mulyadi, pada Senin 15 November 2021, membenarkan video napi tengah video call tersebut terjadi di Lapas Kelas IIA Banyuasin.

Menurutnya video tersebut diambil beberapa bulan lalu, tepatnya Juli 2021. Dadi Mulyadi mengaku pihaknya sudah memeriksa napi yang berada di dalam video.

Hasilnya dua orang napi sudah diberikan tindakan. Selain itu, pihaknya juga memberikan teguran tertulis kepada Kalapas dan petugas penjaga.

Namun, Dadi Mulyadi membantah soal pesta narkoba di dalam kamar sel. Itu karena semua napi yang ada di video telah menjalani tes urine. Hasilnya, negatif narkoba.

Untuk pelanggaran hanya menggunakan handphone saja tidak menggunakan narkoba. Untuk napi yang ada di dalam sel Lapas Kelas II A Banyuasin kini telah dipindahkan ke Lapas Mata Merah Palembang,” kata Dadi Mulyadi, Senin 15 November 2021.