Ajaib! Perempuan Ini Sembuh dari HIV Secara Alami, Ini Penyebabnya

Rabu, 17 November 2021 – 19:35 WIB

Ilustrasi HIV

Ilustrasi HIV

JAKARTA, REQnews - Seorang pasien HIV perempuan dari Argentina mengejutkan dunia medis, setelah ia sembuh secara alamiah dari penyakit mematikan HIV.

Para pakar hingga kini belum mendapat kesimpulan pasti penyebab kesembuhan perempuan yang disebut sebagai 'Pasien Esperanza' atau 'pasien harapan' tersebut.

Mengutip South China Morning Post, Rabu 17 November 2021, diduga kuat ia sembuh karena terjadinya perubahan pada sistem imun yang memberi kemampuan untuk melawan HIV dalam tubuhnya.

Kesembuhan perempuan ini dilaporkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine. Ternyata ia sudah memberikan sampel darahnya untuk dianalisis sejak 2017 hingga 2020 lalu.

Dia memiliki 1,2 miliar sel darah yang dicari dan 500 juta sel jaringan plasenta dicari setelah dia melahirkan bayi HIV-negatif pada Maret 2020.

Adapun kesembuhan pasien ini diyakini akan menjadi harapan besar untuk pengobatan hampir 38 juta orang di dunia yang terinfeksi HIV.

Apalagi, kasus ini masih langka. Sang pasien adalah orang kedua di dunia yang sembuh secara alami karena sistem imun, tanpa bantuan transplantasi sumsum tulang belakang.

Ahli imunologi virus Ragon Institute of Massachusetts General Hospital Dr Xu Yu menyebut, dengan adanya kasus ini, ia yakin generasi bebas HIV akan benar-benar terwujud.

“Bahwa prospek untuk mencapai ‘generasi bebas AIDS’ pada akhirnya mungkin berhasil," kata dia.

Para peneliti menekankan dalam penelitian tersebut, pasien Argentina itu memiliki pengontrol elite virus yang langka tapi tidak pernah menerima perawatan reguler selama delapan tahun dan tidak menunjukkan tanda infeksi aktif atau kemampuan virus untuk berkembang biak.

“Jika pasien Esperanza benar-benar mencapai penyembuhan sterilisasi, menentukan mekanisme yang bertanggung jawab untuk itu menjadi penting.”