Bila Tidak Ada Lonjakan Kasus Covid Desember, Apakah Pandemi Berakhir?

Selasa, 23 November 2021 – 22:02 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Banyak pihak yang mewaspadai potensi gelombang ketiga pandemi Covid-19 pada Desember 2021 ini, khususnya saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti.

Untuk mencegah itu, pemerintah berencana menerapkan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia. Bila berhasil mencegah lonjakan kasus, akankah pandemi berakhir?

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan, bila Desember nanti tak ada lonjakan kasus positif, besar kemungkinan pandemi usai setelah menerpa Indonesia sejak Maret 2020 lalu.

"Desember dan Januari ini kalau tidak ada lonjakan kasus positif dan tidak ada lonjakan kasus pasien yang ada di perawatan, mudah-mudahan kita bisa selesai dengan pandemi Covid," kata Ketua Umum PB IDI M Adib Khumaidi, Selasa 23 November 2021.

Namun, masyarakat juga diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama di tempat-tempat wisata.

"Yang paling penting itu di tempat wisata, benar–benar harus menjaga protokol Kesehatan dengan baik. Memakai maskernya, menjaga jarak, kalau ada kerumunan sebaiknya dihindari," ucap Adi.

Adi menekankan bahwa pemerintah selalu mengubah-ubah peraturan PPKM ini juga dikarenakan virus Covid ini juga cepat perkembangan dan penyebarannya.

"Saya tegaskan karena Covid ini berkembang terus. Tentunya saya mengapresiasi dalam kurun terakhir bahwa pemerintah akan melihat berdasarkan referensi pakar–pakar kedokteran dan Kesehatan," ujarnya.