Bukan Hanya soal Duit! Terungkap Modus Teroris JI Lakukan Program Sosial, Ternyata Demi Ini

Kamis, 25 November 2021 – 19:00 WIB

Ilustrasi terorisme

Ilustrasi terorisme

JAKARTA, REQnews - Densus 88 Antiteror Polri mengungkap modus sebenarnya kelompok teroris seperti Jamaah Islamiyah (JI) kerap melaksanakan kegiatan-kegiatan berbau sosial.

Ternyata, tujuan mereka bukan hanya untuk mengumpulkan dana saja, namun lebih kepada menarik simpati masyarakat.

Kabag Banops Densus 88 Kombes Aswin Siregar mengatakan, dengan mendapat simpati masyarakat, kelompok teroris ini dapat memutarbalikkan penegakan hukum menjadi kriminalisasi.

"Yang di mata publik kegiatan yang tidak melanggar. Sehingga tidak kelihatan seperti itu, padahal itu bagian dari program atau strategi meraih simpati masyarakat yang endingnya penguasaan wilayah dengan dukungan," kata Aswin di Jakarta, Kamis 25 November 2021.

Adapun berbagai program sosial yang biasa JI lakukan seperti mendirikan sekolah hingga modus mengirim bantuan ke luar negeri, terutama Suriah

Lebih lanjut, Aswin menyebut, Densus 88 Antiteror Polri berusaha mengikis, membuka, dan melemahkan organisasi JI sehingga bisa tuntas secara keseluruhan. Prosesnya pun tidak cukup dalam setahun atau dua tahun.

"Kita sudah naik ke atas. Kita dulu sudah ke tangan yang dulu sudah berlumuran darah, meledak-meledak, sekarang ke atas," ujarnya.

Kemudian, Aswin mengakui bahwa semakin legal sebuah organisasi dibangun kelompok JI semakin sulit Tim Densus 88 Antiteror Polri mengusut dan melakukan pembuktian keterlibatan tindak pidana terorisme. Terlebih jika simpati masyarakat berhasil dibangun lewat berbagai program sosial.

"Sehingga seperti yang kita hadapi kemarin setelah menangkap, publik bereaksi seolah-olah kita mengkriminalisasi," kata Aswin.