Ogah Berunding dengan TNI-Polri, Ternyata OPM Ngincar Menteri

Kamis, 25 November 2021 – 18:45 WIB

TPNPB-OPM

TPNPB-OPM

JAKARTA, REQnews - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNBP-OPM) menyatakan bahwa mereka tidak akan pernah mau berunding dengan TNI maupun Polri.

Juru Bicara OPM Sebby Sambom mengatakan, mereka hanya mau membuka dialog dengan minimal para menteri bawahan Presiden Joko Widodo.

“Jadi tidak ada perundingan, dialog dengan TNI-Polri. Yang bisa bicara, layak dan levelnya itu kami juru runding TPNPB-OPM dengan Indonesia, tim delegasi Indonesia, yaitu kabinet Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo. Itu level yang layak untuk kami bisa bicara. TNI-Polri tuh kan bukan tempatnya,” kata Sebby, seperti dikutip dari Republika, Kamis 25 November 2021.

Ia menyebut, TNI dan Polri sudah tak bisa lagi dipercaya, karena kerap bertindak di luar batas terhadap masyarakat Papua.

“Orang Papua sudah benci dengan kelakuan TNI-Polri di Papua, baik gubernur sampai kepala desa, orang kampung di mana-mana, orang Papua itu sudah terlanjur benci kelakuan TNI-Polri terhadap orang Papua itu di luar perikemanusiaan. Mereka sangat jahat, selalu menangkap orang Papua, siksa, pukul, lalu membunuh. Perempuan-perempuan dibunuh, anak-anak kecil dibunuh,” ujar Sebby.

Lebih lanjut, Sebby menegaskan bahwa TPNPB akan tetap berdiri tegak membela hak masyarakat Papua yang sudah lama dianggapnya tertindas.

“TPNPB itu tuan tanah, membela haknya, karena perampasan terjadi melalui intimidasi dan teror tekanan militer yang berlebihan di Papua oleh pemerintah Indonesia,” ucap dia.