Israel Ketar-ketir Dihajar Varian B.1.1.529, Penyebarannya Gila Banget!

Jumat, 26 November 2021 – 22:30 WIB

Covid-19 ilustrasi

Covid-19 ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Pemerintah Zionis Israel tengah was-was dengan lonjakan kasus Covid-19, setelah temuan kasus varian B.1.1.529 asal Afrika Selatan terdeteksi.

Mengutip AFP, Kementerian Kesehatan Israel menyebut, varian baru yang kabarnya lebih ganas itu, diidentifikasi pada salah satu warga yang kembali dari Malawi.

"Varian yang ditemukan di negara-negara Afrika selatan telah diidentifikasi di Israel," kata pernyataan resmi Kementerian Kesehatan Israel, Jumar 26 November 2021.

Kemudian, petugas berwenang juga mendeteksi B.1.1.529 pada dua orang lainnya, yang kini sudah dikarantina secara khusus.

Ketiga orang dengan kasus varian baru itu, diketahui telah menerima vaksin Covid-19, meski Israel tak membuka fakta berapa dosis yang telah diterima.

Berita varian baru ini menghantam Israel, sehari setelah para ilmuwan di Afrika Selatan mengumumkan temuan strain baru B.1.1.529.

Varian ini memiliki 10 mutasi, jauh lebih banyak dibanding Delta dengan dua mutasi, yang sempat mengacaukan dunia pertengahan 2021 ini.

Menurut otoitas Afrika Selatan, varian ini memunculkan keprihatinan serius karena penyebarannya yang cepat dan tak main-main, bahkan diyakini sebagai pemicu lonjakan kasus di negara tersebut.