Jokowi Minta Rakyat Siap-siap Tahun 2022, Ada yang Ancaman yang Membayangi Indonesia

Senin, 29 November 2021 – 19:03 WIB

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

JAKARTA, REQnews - Presiden Joko Widodo mengingatka semua pihak agar waspada akan ancaman yang mungkin datang pada tahun 2022 mendatang.

Apalagi, dunia saat ini tengah khawatir akan kemunulan varian Covid-19 baru, yakni Omicron. Jokowi meminta jajarannya melakukan langkah antisipasi dan mitigasi sedini mungkin sehingga mutasi corona asal Afrika ini tidak mengganggu pemulihan ekonomi nasional.

“Selain varian lama di beberapa negara, telah muncul varian baru varian Omicron yang harus menambah kewaspadaan kita,” kata Jokowi di Jakarta, Senin 29 November 2021.

“Tahun 2022 kita harus tetap mempersiapkan diri menghadapi risiko pandemi Covid yang masih membayangi dunia dan negara kita Indonesia. Ketidakpastian di bidang kesehatan dan ekonomi harus menjadi basis kita dalam membuat perencanaan dan melaksanakan program,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, WHO sudah menyatakan bahwa varian baru Covid-19 Omicron atau B.1.1.5.2.9 telah terdeteksi di 13 negara.

Atas dasar tersebut, pemerintah telah melarang WNA masuk ke Indonesia bila dalam 14 hari memiliki riwayat perjalanan dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Malawi, Angola, Zambia hingga Hong Kong.

Sementara untuk WNI yang memiliki riwayat perjalanan dari 11 negara tersebut diizinkan masuk ke Indonesia namun akan dikarantina selama 14 hari.