IFBC Banner

Ini Kata Polda Metro Jaya Terkait Batalnya Reuni 212 di Monas dan Pindah ke Sentul

Selasa, 30 November 2021 – 19:03 WIB

Reuni 212 (Foto:Istimewa)

Reuni 212 (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Acara tahunan Reuni 2021 pada 2 Desember 2021 mendatang, yang rencananya akan digelar di Lapangan Monas, Jakarta dibatalkan dan dialihkan menjadi doa bersama di Pesantren Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menyebutkan pihaknya mengapresiasi panitia yang tidak jadi melaksanakan Reuni 212 di Patung Kuda Arjuna Wiwaha Monas Jakarta Pusat pada 2 Desember 2021 mendatang.

"Terkait dengan kegiatan 212, Polda Metro Jaya mengapresiasi panitia 212 yang menyatakan tidak akan melakukan kegiatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya baik itu di Patung Kuda maupun di tempat lain," ujar Endra Zulpan, Selasa 30 November 2021.

Hal tersebut, kata Zulpan sesuai dengan keputusan Satgas Covid-19 DKI Jakarta yang tidak memberi izin kerumunan atas kegiatan reuni 212 di wilayah DKI Jakarta.
"Tentunya ini sejalan dengan keputusan Satgas Covid-19 DKI Jakarta yang telah mengeluarkan keputusan tidak memberikan rekomendasi terhadap kegiatan-kegiatan bersifat mengumpulkan masyarakat," tambah Endra Zulpan.

Sebelumnya Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif mengatakan Reuni 212 akan tetap diaadakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Pelaksanaan Reuni 212 Tahun akan diadakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat sekaligus doa bersama untuk Almarhum Ustaz Ameer Azzikra putra alm. KH M Arifin Ilham dan disiarkan secara virtual dan live streaming," kata Slamet Maarif dalam keterangan tulis, Senin 29 November 2021.

Slamet pun mengimbau bagi Alumni 212 di berbagai daerah untuk membuat acara yang serupa dengan tetap menjaga ciri Khas 212 dan menaati protokol kesehatan (Prokes).

"Mengimbau dan menginstruksikan kepada seluruh Alumni 212 untuk mengadakan aksi kemanusiaan berupa pembagian paket sembako, bedah rumah, membersihkan tempat ibadah, membersihkan sungai, pengobatan gratis dan lain sebagainya," imbaunya.

Keputusan itu, kata Slamet diambil pascapihaknya mendengar berbagai masukan dari para ulama.

Namun, menurut Slamet pihaknya sebelumnya telah bekerja keras untuk mendapatkan izin pelaksanaan Reuni 212 di lapangan Monumen Nasional (Monas).

"Panitia Reuni 212 tahun 2021 telah bekerja keras mengurus perizinan tempat yaitu di Lapangan Monas (sesuai sejarah 212 itu sendiri) dan di Bundaran Patung Kuda dan Berkomunikasi dengan berbagai pihak," katanya.