Beredar Seruan Kibarkan Bintang Kejora 1 Desember

Selasa, 30 November 2021 – 23:32 WIB

Bendera bintang kejora (Foto:Istimewa)

Bendera bintang kejora (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Beredar seruan rencana kibarkan bendera bintang kejora jelang 1 Desember yang diklaim sebagai hari kemerdekaan Papua Barat yang disampaikan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Menanggapi seruan tersebut, Mabes Polri menyatakan akan mengambil langkah-langkah upaya preemtif dan pencegahan agar tak mengganggu situasi Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Papua maupun Papua Barat.

"Tentu Polri akan jaga situasi Kamtibmas. Melakukan upaya pencegahan," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 30 November 2021.

Upaya-upaya pencegahan yang dilakukan tetap mengedepankan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan tujuannya agar situasi Kamtibmas disana tetap aman dan terkendali.

"Yang dikedepankan upaya-uoaya edukasi dan sosialisasi. Karena prinsipnya kita jaga situasi Kamtibmas aman dan terkendali," katanya.

Sebelumnya, melalui Jubir TPNPB OPM Sebby Sambo menyebut jika Komandan Operasi, Undius Kogaya telah mengeluarkan seruan untuk mengibarkan bendera bintang kejora pada, Rabu 1 Desember.

"TPNPB-OPM Ondius kogoya mengeluarkan laporan tanggal 1 Desember. Kami akan mengibarkan bendera bintang kejora," kata Sebby dalam keterangan tertulisnya, Selasa 30 November 2021.