Diduga Keroyok AKBP Dermawan, 6 Anggota Pemuda Pancasila Jadi Tersangka

Rabu, 01 Desember 2021 – 12:02 WIB

Ilustrasi penangkapan (Foto: Istimewa)

Ilustrasi penangkapan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Polda Metro Jaya kembali menetapkan lima orang tersangka dalam kasus pengeroyokan Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali saaat terjadi demonstrasi organisasi masyarakat Pemuda Pancasila di depan Gedung DPR.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut mereka adalah anggota Pemuda Pancasila dan telah ditetapkan sebagai tersangka. "Para tersangka sudah kami tahan dan menjalani proses penyidikan," ujar Zulpan di Jakarta, Selasa 30 November 2021.

Ia mengungkapkam kelima tersangka tersebut adalah AS, 18 tahun yang berperan mengejar, menarik, dan memukul Dermawan dengan tangan kosong. Kemudian ada WH, 35 tahun yang melakukan provokasi, mengejar, dan memukul.

Selanjutnya ada DH, 23 tahun yang melakukan pengejaran, memukul, dan menendang. Lalu ACH, 29 tahun yang memukul dengan kayu dan MBK, 25 tahun yang melakukan pengejaran, menarik, hingga memukul.

Polisi pun menyita sejumlah barang bukti terkait dengan aksi pengeroyokan tersebut, seperti kemeja seragam ormas PP yang dipakai oleh pelaku saat kejadian, batang bambu, kartu identitas, serta kartu keanggotaan ormas.

Hingga kini, enam orang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengeroyokan terhadap AKBP Dermawan Karosekali. Para tersangka dikenakan Pasal 170 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan atau 212 KUHP dan atau 216 KUHP dan atau 218 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun enam bulan.