IFBC Banner

Masih Ngotot Adakan Reuni 212? Kombes Zulpan Ancam Bakal Kasih Sanksi Pidana

Rabu, 01 Desember 2021 – 16:28 WIB

Ilustrasi Reuni 212 (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Reuni 212 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan menyebut pihaknya tak akan mengeluarkan perizinan terkait dengan penyelenggaraan Reuni 212 yang rencananya akan digelar di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Kamis 2 Desember 2021.

 

“Polda Metro Jaya dalam hal ini sebagai penanggung jawab keamanan ibu kota tidak mengeluarkan izin untuk kegiatan reuni 212 apabila dilakukan di wilayah hukum Polda Metro Jaya khususnya di Patung Kuda,” kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu 1 Desember 2021.

Ia mengatakan bahwa pihak kepolisian tak segan akan memberikan sanksi kepada pihak yang memaksa menyelenggarakan acara tersebut, karena dapat memicu kerumunan. “Saya sampaikan kegiatan ini tidak dapat izin. Apabila memaksakan melakukan kegiatan, kita akan menerapkan ketentuan hukum berlaku,” kata dia.

“Pada mereka yang memaksakan kita akan persangkakan tindak pidana KUHP 212, 218 khususnya mereka yang tidak mengindahkan hal ini bahwa Polda Metro Jaya sudah menyampaikan tidak memberikan izin. Kepada mereka yang memaksakan diri akan kita berikan sanksi hukum sesuai ketentuan yang berlaku,” lanjutnya.

Diketahui, sebelumnya panitia memutuskan memindahkan lokasi acara di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Itu dilakukan karena tak mendapatkan izin dari pihak Satgas Covid-19, atas pertimbangan kondisi pandemi saat ini.

“Gugus tugas tadi sudah tidak memberikan rekomendasi, dalam bahasanya karena Covid-19, ada varian baru. Jadi larinya ke situ,” ujar Ketua Panitia Reuni 212, Eka Jaya kepada wartawan Selasa 30 November 2021.

Dirinya mengatakan bahwa penyelenggaraan Reuni 212 akan diganti dengan zikir dan munajat di Masjid Az Zikra secara terbatas dan peserta bisa mengikuti secara daring.