Waspada! BMKG Sebut Pulau Jawa-Sumatera Bakal Terdampak Bibit Siklon Tropis Teratai

Rabu, 01 Desember 2021 – 18:45 WIB

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati (Foto: Istimewa)

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyebut posisi bibit siklon 92S akan berkembang menjadi badai siklon tropis teratai pada Rabu 1 Desember 2021 sekitar pukul 19.00 WIB.

"Khusus untuk bibit siklon tropis 92S yang akan berkembang menjadi badai tropis teratai atau siklon tropis teratai, akan berdampak di wilayah di bagian selatan Sumatera yaitu Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung kemudian juga di Selat Sunda serta di Banten, Jawa Barat dan juga Jawa Tengah dan barangkali sebagian dari Jawa Timur," kata Dwikorita dalam konferensi pers pada Rabu 1 Desember 2021.

Ia menyebut bahwa dampak tersebut berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat petir, ataupun angin kencang di wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Selain itu, gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter diprediksi terjadi di perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan dan barat, perairan selatan Banten, Samudra Hindia Selatan Banten hingga Jawa Barat.

Namun, Dwikorita menyebut jika BMKG di tingkat daerah telah berkoordinasi dengan menyebarkan informasin peringatan cuaca ekstrem tersebut.

"Kemudian untuk informasi peringatan dini potensi cuaca ekstrem di tingkat daerah stasiun BMKG yang tersebar di provinsi-provinsi tersebut, telah juga melakukan diseminasi atau penyebarluasan informasi peringatan dini potensi cuaca ekstrem dan koordinasi dengan pihak terkait," katanya.