Gegara Doa Bahasa Indonesia, KSAD Jenderal Dudung Disemprot Anwar Abbas MUI

Kamis, 02 Desember 2021 – 21:02 WIB

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

JAKARTA, REQnews - Pernyataan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang mengungkap kebiasaannya berdoa dengan bahasa Indonesia karena Tuhan bukan orang Arab, menjadi perhatian serius Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas.

Menurut Anwar, sebaiknya Dudung sebagai seorang petinggi TNI hati-hati dalam berbicara soal agama.

"Saya senang KSAD bicara tentang masalah agama tapi kalau bisa beliau  jangan sampai berbuat salah dalam menafsirkan dan memahami serta menjelaskan ajaran agama Islam tersebut," kata Anwar, seperti dikutip dari Republika, Kamis 2 Desember 2021.

Anwar menegaskan, jangan sampai ucapan Dudung itu justru menimbulkan kontroversi di kalangan umat Islam. Ia menyarankan jenderal bintang empat itu fokus saja mengurusi tugasnya sebagai KSAD.

"Saya lebih cenderung menyarankan beliau untuk lebih fokus kepada apa yang menjadi tugas utama beliau," ujar Anwar.

Ia mencontohkan, KSAD Dudung sebaiknya menyalurkan energi dalam memberantas gerakan teroris di Papua demi keutuhan NKRI.

"Ini penting untuk menjadi perhatian beliau karena menurut saya mumpung apinya masih kecil, maka tentara terutama KSAD harus bisa melakukan gerak cepat untuk memadamkannya. Sebab, kalau apinya sudah besar dan membesar maka tidak mustahil Papua juga akan bisa bernasib sama dengan timor timur dan hal itu tentu jelas sangat-sangat tidak kita inginkan," kata dia.