Rizal Ramli Kasih Pesan untuk Nahdlatul Ulama, Begini Katanya

Jumat, 03 Desember 2021 – 15:15 WIB

Pengamat Ekonomi, Rizal Ramli (Foto: Istimewa)

Pengamat Ekonomi, Rizal Ramli (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pengamat Ekonomi, Rizal Ramli menilai Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi masyarakat muslim Indonesia yang harus berjalan tanpa adanya keterikatan dengan pemerintah.

"Kalau saya bilang, NU itu kendaraan pelat hitam artinya organisasi masyarakat, jadi jangan sampai NU jadi mobil pelat merah," ujar Rizal Ramli di Kantor DPP PKB, Jakarta dikutip pada Jumat 3 Desember 2021.

Menurutnya, NU bisa berdiri sebagai organisasi yang objektif dalam menilai pemerintahan. "Bahwa NU, kalau pemerintah bagus wajib hukum dipuji, kalau tidak bagus wajib kita katakan itu tidak benar. Menurut hemat saya itu yang membuat NU besar," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa NU memiliki satu kehebatan, salah satunya adalah memajukan perekonomian umat Islam di Indonesia.

"Kalau NU itu kaya franchise, McDonald, semua itu McDonald itu adalah yang punya beda-beda, tapi sistemnya yang terbaik dan teruji," ujar wakil presiden ke-10 dan 12 RI itu.

Menurut dia, itu tercermin dalam banyaknya pondok pesantren yang dimiliki oleh orang-orang NU yang berdampak positif bagi masyarakat, namun tak menjadi milik organisasi tersebut.

"Bagaimana pesantren itu dididik, saya bilang orang-orang NU itu entrepreneurship-nya itu tinggi. Karena bisa dirikan pesantren ribuan tanpa campur tangan (pihak lain)," katanya.