Wanita Cantik Berpakaian Bhayangkari di TikTok Kacang Hijau dan Cokelat Diciduk Polisi

Selasa, 07 Desember 2021 – 11:10 WIB

Wanita berbaju bayangkari viral membuat perbandingan TNi dan Polri (foto:Istimewa)

Wanita berbaju bayangkari viral membuat perbandingan TNi dan Polri (foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Sebuah video seorang wanita cantik berjilbab berpakaian Bhayangkari tengah viral di media sosial karena membuat unggahan di TikTok tentang perbandingan "kacang hijau" dan "cokelat" yang diduga merujuk kepada warna seragam TNI dan Polri.

Karena dianggap membuat gaduh dan rentan memicu kesalahpahaman, Polisi menyelidiki video yang viral pada Senin 6 Desember 2021 itu.

"Kacang hijau memang bergizi, tapi cokelat bikin nyaman, bikin tenang di hati lagi, azek," ujar wanita di akun TikTok Ratna Wulan. Di video, Ratna duduk di depan seorang lelaki berpakaian polisi.

Dari penelusuran polisi, keduanya adalah polisi dan Bhayangkari gadungan alias palsu.

Pelaku diduga merupakan warga Karawang, sehingga Polres Karawang langsung menerjunkan Unit Reskrim dari Polsek Cikampek serta Unit PPA Satreskrim Karawang untuk menangkap para pelaku.

Didapati identitas wanita dan lelaki itu adalah Ratna Wulan (28) dan Riki Alamsyah (35).

Ratna ternyata merupakan pekerja swasta yang tinggal di Desa Kalihurip, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Sedangkan Riki seorang wiraswasta, penduduk Desa Kertasari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

"Kedua orang yang diamankan mengakui bukan merupakan anggota Polri dan juga bukan anggota Bhayangkari," demikian laporan petugas Polres Karawang.

Ratna mengaku diminta Riki menggunakan pakaian Bhayangkari karena lelaki yang baru dikenalnya dua bulan itu berjanji akan menikahinya sekitar bulan Desember 2021. Pada Ratna, Riki mengaku sebagai anggota Brimob Lembang Cikole.

Kepada polisi Ratna menyebutkan bahwa dia juga merupakan korban penipuan Riki, karena tidak mengetahui bahwa kekasihnya itu adalah polisi gadungan.

Keduanya mengaku membeli baju dinas dan atribut Polri serta Bhayangkari dari situs belanja online.