Novel Baswedan Yakin Bisa Kembali ke KPK, Masih Belum Move On Pak?

Selasa, 07 Desember 2021 – 19:32 WIB

Novel Baswedan

Novel Baswedan

JAKARTA, REQnews - Eks penyidik KPK Novel Baswedan menyebut ia dan kawan-kawannya yang kini dalam proses menjadi ASN Polri, dapat kembali ke lembaga anti-rasuah pada suatu hari nanti.

Meski ia dan puluhan rekannya sempat ditendang dari KPK karena tidak lulus dalam Tes Wawasan Kebangsaan, namun baginya semangat dalam memberantas korupsi harus diutamakan.

Novel mengatakan, upaya baik dalam pemberantasan korupsi bisa terjadi ketika pimpinan KPK juga mempunyai keinginan yang sungguh-sungguh.

"Saya yakin ketika sekarang pegawai KPK adalah ASN tentunya dengan memilih menjadi ASN Polri pada suatu saat bisa kembali ke KPK dalam rangka melakukan tugas-tugas memberantas korupsi yang sungguh-sungguh dan serius," kata Novel di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 7 Desember 2021.

Pada hari ini, Novel bersama 43 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selesai menjalani uji kompetensi menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri.

"Tadi saya dan kawan-kawan telah melakukan asesmen untuk syarat dalam proses menjadi ASN Polri. Alhamdulillah semua lancar dan saya yakin semua akan berjalan baik," ujar Novel.

Dari 57 orang mantan pegawai KPK, hanya 44 yang menerima tawaran menjadi ASN di Polri.

Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo menyebut, 43 orang menjalani asesmen secara langsung di Mabes Polri, sementara satu orang melalui virtual karena sedang berada di luar kota.

Ia menyebut Polri tidak mempersulit proses tersebut. Namun, belum ada tanggal yang pasti terkait kapan pelantikan mereka menjadi ASN.

"Kami selalu menunggu tahap-tahap selanjutnya, yang jelas bahwa apa yang dilakukan kami pada kesempatan kali ini adalah upaya untuk kembali mmberantas korupsi di Indonesia," tutur Yudi.