IFBC Banner

Pantas Banyak Kecelakaan, Prosedur Keamanan dan SDM Transjakarta Lemah

Kamis, 09 Desember 2021 – 04:02 WIB

Kecelakaan bus Transjakarta

Kecelakaan bus Transjakarta

JAKARTA, REQnews - Belakangan ini, publik, khususnya masyarakat DKI Jakarta dikejutkan dengan serentetan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus milik Transjakarta.

Banyak yang bertanya-tanya, ada apa dengan Transjakarta. Kenapa seringkali mengalami kecelakaan?

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, sederet kecelakaan bus Transjakarta disebabkan oleh lemahnya sejumlah prosedur dan SDM.

"Dari hasil analisis kami terhadap beberapa kecelakaan yang terjadi yang melibatkan Transjakarta, memang harus diakui ada kelemahan dari sisi prosedur keamanan dan keselamatan serta dari manajemen SDM-nya, human resource-nya," kata Sambodo, Rabu 8 Desember 2021.

Faktor kesalahan manusia atau human error paling menyita perhatian polisi dalam investigasinya. Sambodo menyebut, hal itu sebenarnya adalah masalah kecil, namun dampaknya begitu fatal.

"Kesalahan kecil yang sepele tapi bisa berakibat fatal, sopir mengantuk, sopir yang ditinggal ke toilet, ada yang katanya botol air mineralnya menggelinding, ada yang katanya dongkraknya menggelinding dan sebagainya," ujar Sambodo.

Kemudian, manajemen Transjakarta juga kurang ketat dalam pengawasan terhadap sopir serta tidak menerapkan prosedur keamanan secara maksimal. Padahal, harusnya Transjakarta menjadi ikon transportasi di ibu kota, malah justru menimbulkan banyak kecelakaan.

Sambodo mengungkapkan, Ditlantas Polda Metro Jaya akan membicarakan hasil analisis tersebut dengan pihak Transjakarta agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI sektor transportasi tersebut dapat lebih baik pada 2022.