Alhamdulillah! Sembuh dari Kanker Prostat, SBY Jalani Proses Pemulihan

Jumat, 17 Desember 2021 – 21:02 WIB

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Tangkapan Layar)

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, REQnews - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah sembuh usai menjalani operasi kanker prostat di Mayo Klinik Rochester, Amerika Serikat.

"Sudah sembuh, dan sudah selesai operasinya," kata Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan dikutip pada Jumat 17 Desember 2021.

Ia mengatakan bahwa dalam waktu dekat bisa segera pulang ke Indonesia. "Posisinya sudah sehat, mudah-mudahan bisa berkumpul sama kita dalam waktu dekat," lanjutnya.

Sebelumnya, SBY juga telah mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas doa serta kelancaran operasinya.

“Secara khusus saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas kepedulian, bantuan, dan perhatiannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika,” ujar SBY dalam video yang diunggah di Instagram @aniyudhoyono, Selasa 23 November 2021.

SBY juga berterima kasih kepada mantan Presiden RI Jusuf Kalla, Boediono dan juga Megawati Soekarnoputri atas perhatian, kepedulian serta doa terhadap SBY dan keluarga.

“Sahabat saya PM Singapura dan Menlu Singapura yang juga mengirim surat doa atas kesembuhan saya. Itu saya syukuri semua doa dari para sahabat saya,” lanjutnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu staf pribadi SBY yaitu Ossy Dermawan membeberkan kondisi presiden ke-6 RI itu yang didiagnosis mengidap kanker prostat. Selanjutnya, atas saran tim dokter kepresidenan, SBY kemudian menjalani pengobatan di Rumah Sakit Mayo Clinic, AS.

SBY berangkat ke AS pada Selasa 2 November 2021 dengan didampingi putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) bersama istri dan anaknya. Presiden RI ke-6 itu akan menjalani perawatan dan pengobatan kanker prostat di AS selama 1,5 bulan.