IFBC Banner

KASN Ogah Periksa Jaksa Mia, Alasannya Bikin Syok!

Selasa, 21 Desember 2021 – 18:35 WIB

Jaksa Mia Amiati (Foto: Istimewa)

Jaksa Mia Amiati (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meminta Koalisi Masyarakat Penjaga Adhyaksa (Komjak) memperbaiki laporan sebelum memeriksa Jaksa Mia Amiati yang diduga menjadi istri lain dari Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Komisioner KASN Arie Budhiman menyebut pihaknya telah menyampaikan perbaikan laporan tersebut saat melakukan audiensi bersama Komjak pada awal bulan Desember 2021.

Arie yakin jika Komjak sebagai pelapor telah memahami untuk melengkapi berkas laporan. “Pihak Komjak sudah memahami hal tersebut,” kata Arie, di Jakarta pada Senin 20 Desember 2021.

Usai Komjak melengkapinya dengan bukti yang valid, selanjutnya KASN akan melakukan penelusuran dan meminta klarifikasi dari Jaksa Mia. Ia menyebut jika sejauh ini pihak pelapor belum melengkapi berkas yang diminta.

Dirinya mengatakan bahwa terdapat kemungkinan laporan tersebut tidak ditindaklanjuti karena berkas yang diminta tak dilengkapi. “Sepanjang tidak ada bukti yang valid, tentu tidak bisa ditindaklanjuti,” katanya.

Sementara Direktur Komjak, Hajarudin menyebut pihaknya masih melakukan pelangkapan berkas. Pihaknya diminta melengkapi laporan dengan bukti video jika memungkinkan, memperbaiki redaksional serta surat laporan.

Namun, ia pun berharap KASN bisa proaktif menindaklanjuti laporan seiring dengan kelengkapan berkas yang diminta. Karena dirinya menegaskan tak akan mencabut laporan tersebut.

“Kami masih menyiapkan berkas-berkas yang dimaksud dan kami optimistis laporan akan ditindaklanjuti,” ujar Hajarudin.

Seperti diketahui, Jaksa Mia diduga melanggar Peraturan Pemerintah (PP) No 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Sipil, karena dirinya diduga menjadi istri lain dari Jaksa Agung ST Burhanuddin.